Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Reporter : | 26 Mei, 2015 - 1:49 pm WITA

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

(foto: pixabay)

ManadoToday – Banyak makanan yang sehari-hari kita makan menyebabkan bakteri yang menghasilkan asam di mulut. Makanan bergula, seperti permen dan kue, bukan satu-satunya penyebab. Roti, biskuit, dan sereal, juga menyebabkan asam terbentuk. Jika anda sering makan camilan, anda bisa diserang asam sepanjang hari. Setelah menerima banyak serangan asam, gigi mungkin akan membusuk.

Kebersihan Mulut

Apa itu plak?

Plak menghasilkan zat yang melukai gusi, membuat gusi memerah, menjadi lunak atau mudah berdarah. Setelah beberapa saat, gusi akan menekan gigi keluar. Jika gusi tidak diobati, tulang di sekitar gigi dapat hancur. Gigi mungkin menjadi longgar atau harus dicabut.

Salah satu cara untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit periodontal (gusi) adalah dengan makan diet seimbang dan membatasi jumlah makan makanan ringan. Jika membutuhkan camilan, pilihlah makanan yang bergizi seperti sayuran mentah, yogurt, keju atau buah.

Apakah ada tips untuk perawatan mulut sehari-hari?

Cara terbaik untuk menghapus pembusukan penyebab plak adalah dengan menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi setiap hari. Menyikat menghilangkan plak dari permukaan gigi.

Sikat gigi dua kali sehari, dengan sikat berbulu lembut. Ukuran dan bentuk sikat harus sesuai dengan mulut, memungkinkan untuk mencapai semua daerah mulut dengan mudah. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, yang membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Membersihkan sela-sela gigi sekali sehari dengan benang atau pembersih interdentally untuk menghilangkan plak di antara gigi, daerah di mana sikat gigi tidak dapat mencapai. Hal ini penting untuk mencegah penyakit periodontal (gusi).

Dengan merawat gigi, makan diet seimbang dan mengunjungi dokter gigi secara teratur, anda dapat memiliki gigi yang sehat sepanjang hidup anda. Ikuti tips ini untuk menjaga gigi dan mulut tetap bersih.

Baca Juga :

Leave a comment