Ini yang Harus Dilakukan Jika Ada Benda Asing Masuk ke Mata

Reporter : | 25 Mei, 2015 - 3:48 pm WITA

Mata, kesehatan mata, Benda Asing dalam mata, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Setiap partikel atau benda yang masuk ke mata disebut benda asing di mata. Hal ini dapat serius atau tidak serius tergantung pada apakah itu adalah dangkal atau menembus kedalam. Benda asing yang masuk bisa jadi seperti partikel logam, kaca, kayu atau pasir atau partikel debu.

Serius atau tidak serius ?

Umumnya benda asing tidak masuk langsung kedalam dikategorikan tidak serius karena mereka menempel depan mata atau terjebak di bawah salah satu kelopak mata. Sedangkan benda yang masuk langsung kedalam dikategorikan serius.

Sayangnya kasus yang dikategorikan tidak serius merupakan yang paling menyakitkan karena jika benda terjebak di bawah kelopak mata akan terasa sakit setiap kali kita mengedipkan mata, menyebabkan iritasi dan mata merah. Sebaliknya yang dikategorikan serius hanya menyebabkan sedikit rasa sakit namun dampaknya akan lebih serius.

Bagaimana cara mengeluarkan benda asing dari mata ?

– Gunakan air atau larutan garam hangat yang bersih untuk membersihkan mata

– Jika mandi mata nyaman dapat dilakukan dengan menggunakan cangkir mata atau bahkan beristirahat kaca di dasar rongga mata

– Jika ingin membantu orang lain, usahakan dilakukan pada tempat yang mempunyai pencahayaan yang baik dan kemudian periksa mata dengan menarik kedua kelopak mata satu per satu dan jika anda menemukan sesuatu coba hilangkan dengan menggunakan air atau larutan garam

– Jangan gunakan benda padat seperti korek api, cotton buds dll

– Jangan menggosok mata

– Jika anda melihat cedera yang dihasilkan dalam, jangan mencoba untuk mengeluarkan objek

– Dalam setiap kasus silakan berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment