Baik Untuk Jantung, Ingin Coba Diet Mediterania?

Reporter : | 24 Mei, 2015 - 9:47 pm WITA

Mediterania,  Diet Mediterania, tips diet, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Diet Mediterania adalah pola makan yang baik untuk kesehatan jantung. Kebanyakan menunya terdiri-dari buah-buahan, sayuran, ikan dan biji-bijian dan pebatasan lemak yang tidak sehat.

Komponen Diet Mediterania meliputi:

– Makan cukup buah-buahan dan sayuran.

– Mengkonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola.

– Makan porsi kecil kacang-kacangan.

– Minum anggur merah, beberapa dimoderasi.

– Mengkonsumsi daging merah dengan jumlah yang sangat sedikit.

– Makan ikan secara teratur.

Diet Mediterania dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat, penurunan berat badan, dan pemilihan makanan yang bijaksana. Diet Mediterania biasanya dirancang selama enam minggu, tetapi kebanyakan orang sangat senang dengan hasilnya, dan tetap mempertahankan kebiasaan makan ini. Orang-orang yang mengadosi diet Mediterania kurang memiliki masalah kardiovaskular / jantung, beberapa jenis kanker, dan beresiko rendah mengembangkan demensia.

Salah satu komponen utama dari Diet Mediterania adalah minyak zaitun. Alasan minyak zaitun digunakan dalam Diet Mediterania adalah karena memiliki beberapa efek menguntungkan bagi tubuh. Para peneliti percaya bahwa ada hubungan antara minyak zaitun dan pencegahan kanker usus besar. Menambahkan hanya 2 sendok makan minyak zaitun untuk makanan harian saja, dapat secara signifikan menurunkan kesempatan anda untuk mengembangkan penyakit jantung.

Minyak zaitun juga membuat makanan lebih mudah untuk dicerna, serta juga melindungi perut dari gastritis dan radang lambung. Jika anda tidak dengan suka rasanya, atau tidak dapat menemukan minyak zaitun, anda bisa menggantikannya dengan minyak kelapa.

Makanan lain untuk Diet Mediterania

Selain minyak zaitun dan kacang-kacangan, Diet Mediterania juga mengharuskan anda memasukan sayuran dan buah-buahan dalam menu. Produk susu seperti keju dan yogurt juga menjadi santapan anda sehari-hari dan tidak lupa menambahkan ayam dan ikan.

Diet Mediterania akan bekerja dengan baik bila anda juga meminum anggur merah dangan cukup. Seorang pria seharusnya hanya minum 2 gelas anggur merah setiap hari, sementara wanita hanya harus minum 1 gelas. Perlu diingat, anggur merah hanya tambahan, tidak diharuskan.

Baca Juga :

Leave a comment