Cara Mencegah dan Mengobati Kolik Pada Bayi

Reporter : | 22 Mei, 2015 - 6:45 pm WITA

Kolik, Kolik Pada Bayi, bayi, kesehatan, kesehatan bayi

(foto: pixabay)

ManadoToday – Kolik adalah sensasi menyakitkan di perut yang ditunjukkan oleh bayi dengan menangis berlebihan, biasanya perut menjadi tegang/rapat dan anak mungkin cenderung melipat kakinya di atas perut serta wajahnya memerah dan menangis tanpa henti.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah kolik?, tips-tips berikut ini biasanya akan mengurangi kecenderungan untuk kolik:

– Makan dengan kepala terangkat dan kaki dalam posisi yang lebih rendah

– Anak akan bersendawa setelah makan dengan benar dan untuk waktu yang lama

– Meletakkan anak dalam posisi tengkurap (perut di tempat tidur) atau meletakkan bayi di paha sehingga perut merasakan sensasi lembut namun tegas.

– Jika memberi makan melalui botol makan, pastikan tidak ada udara yang tersimpan saat bayi mengisap – udara ini dapat masuk ke perut dan akumulasi gas yang dihasilkan dapat memperburuk memperburuk kolik.

– Gunakan botol makanan yang berlebel “Anti Kolik” – ini memiliki port untuk mengeluarkan udara yang mungkin terjebak dalam botol.

– Susu Formula cenderung memiliki resiko yang lebih tinggi untuk kolik – jika anak anda sangat sering mengalami kolik – pertimbangkan beralih ke susu alami (seperti “desi” susu sapi atau susu lemak menengah – tanpa pengenceran.

Dan apa yang harus lakukan jika terjadi kolik?

– Cobalah tenangkan anak dengan digoyang cukup keras dengan tangan anda atau tempatkan bayi ke tempat tidur goyang

– Tempatkan anak pada paha Anda.

– Dan siapkan beberapa obat yang mengandung antispasmodik (anti kolik) seperti COLIMEX DROPS / MEFTAL SPAS DROPS, dll, dalam dosis 8 tetes dan dapat diulang sesuai kebutuhan 3-4 kali sehari. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment