Kemenperin Gandeng Unsrat dan Bank BNI

Kembangkan Industri Unggulan Sulut

MANADO, (manadotoday.co.id) –  Untuk mengembangan potensi industri unggulan Sulawesi Utara ,  Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara,  Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan  Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Manado.  Komitmen bersama untuk membuka peluang usaha bagi pengusaha industri kecil dan menengah ini, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Rektorat Unsrat, Kamis (21/05/2015).

MoU ini ditandatangani masing-masing Dirjen IKM Euis Saedah, Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc., DEA, Pemimpin Wilayah Manado PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Hermita, S.H., M.M dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Jenny Karouw. Dalam acara tersebut juga dihadiri Sesditjen IKM, Busharmaidi, Direktur IKM Wilayah III, Endang Suwartini, Kabid IKM Deperindag Sulut Alwy Pontoh.

Euis Saedah mengatakan, kegiatan ini  untuk mendorong perkembangan IKM dan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara melalui kerjasama dibidang entrepreneurship, pendidikan dan pelatihan peningkatan kualitas dan pengembangan komoditi, promosi, penelitian dan aplikasi teknologi informasi. ”Sebagai salah satu pihak yang mempunyai peran kunci, Universitas Sam Ratulangi akan berupaya mengoptimalkan perannya sebagai driving force pengembangan IKM dan ekonomi di Sulawesi Utara,” tuturnya.

Sementara itu, Pinwil BNI Manado Hermita menyatakan, pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan industri unggulan dalam menggerakkan ekonomi daerah. ”Kami siap mendukung upaya pemerintah dan Unsrat mengembangkan usaha industri unggulan. Bahkan, BNI siap membiayai usaha industri kecil,” katanya.

Kadis Perindag Sulut Jenny Karouw berharap MoU ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas program antara Universitas Sam Ratulangi dan stakeholder yakni Kementerian Perindustrian RI, PT Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk Kantor Wilayah Manado dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara sebagai mitra pengembangan Industri Kecil dan Menengah di Sulawesi Utara.(***)