Diabetes Tipe Satu Pada Anak-anak

Reporter : | 19 Mei, 2015 - 1:49 pm WITA

diabetes,  juvenile diabetes , kesehatan,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Diabetes tipe 1, yang dulu dikenal sebagai juvenile diabetes atau diabetes tergantung insulin, adalah kondisi kronis dimana pankreas tidak atau hanya sedikit memproduksi insulin, suatu hormon yang diperlukan untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi. Meskipun diabetes tipe 1 biasanya muncul selama masa kanak-kanak atau remaja.

Diabetes tipe 1

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1, termasuk genetika dan paparan virus tertentu. Meskipun banyak dilakukan, diabetes tipe 1 belum memiliki obat.

Tanda dan gejala:

– Peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil.

– Rasa lapar yang ekstrim.

– Penurunan berat badan.

– Kelelahan.

– Penglihatan kabur.

Penyebab:

– Glukosa adalah sumber utama energi untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan lain. Glukosa berasal dari dua sumber utama: makanan yang anda makan dan hati anda. Saat pencernaan, gula diserap ke dalam aliran darah. Biasanya, gula kemudian memasuki sel dengan bantuan insulin.

– Hormon insulin berasal dari pankreas, kelenjar yang terletak tepat di belakang perut. Ketika kita makan, pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Saat insulin mulai menyebar, dia bertindak seperti sebuah kunci yang membuka pintu mikroskopis yang memungkinkan gula untuk memasuki sel.

– Hati juga bertindak sebagai tempat penyimpanan glukosa dan pusat produksi. Ketika kadar insulin kita rendah, hati kita akan melepaskan glukosa yang disimpan untuk menjaga kadar glukosa dalam tubuh tetap normal.

– Penyebab pasti dari diabetes tipe 1 tidak diketahui. Genetika mungkin memainkan peran. Paparan virus tertentu juga dapat berfungsi sebagai pemicu.

Komplikasi:

Komplikasi jangka pendek:

– Hiperglikemia.

– Ketoasidosis diabetikum.

– Hipoglikemia.

Komplikasi jangka panjang:

– Penyakit jantung dan pembuluh darah.

– Kerusakan saraf (neuropati).

– Kerusakan ginjal (nefropati).

– Kerusakan mata.

– Masalah kulit dan mulut seperti infeksi gusi

– Osteoporosis.

Untuk pengobatan, Diabetes tipe 1 dapat diobati dengan insulin. Banyak jenis insulin yang tersedia, contohnya Insulin Reguler (Humulin R, Novolin R, dll), Isofan Insulin (Humulin N,  Novolin N), Lispro Insulin (Humalog), Aspart Insulin (Novolog) dan Glargine Insulin (Lantus). (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment