BPBD Mitra Tutup Pendakian Gunung Soputan

Reporter : | 15 Mei, 2015 - 2:24 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) -­ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara (Mitra) untuk sementara melarang pendakian di Gunung Soputan. “Kami sudah melarang pendakian ke Gunung Soputan, dengan alasan apapun, karena saat ini Gunung Soputan masih berstatus Siaga atau Level III,” tegas Kepala BPBD Mitra Drs Joppie Mokodaser.

Dengan status Level III lanjut Mokodaser, sewaktu-waktu Gunung Soputan bisa meletus. Dia menambahkan, selain para pendaki yang dilarang menaiki Gunung Soputan, masyarakat juga diminta tak melakukan aktivitas di radius 6 kilometer di seputaran gunung.

“Masyarakat juga kami harap dapat mematuhi ini. Tidak boleh ada aktivitas di radius daerah yang ditentukan,” tukas Mokodaser seraya menambahkan memang dilihat dari kasat mata, Gunung Soputan tak ada aktivitas.

Sementara warga Mitra mengatakan untuk saat ini mereka tak khawatir karena sepertinya tak ada aktivitas tapi tetap waspada. “Biasanya kalau mau meletus, atau ada aktivitas kami mendengar suara gemuruh dari puncak gunung. Tapi sekarang tenang-tenang jadi tak terlalu kuatir,” ujar Ivan Umar warga Kecamatan Touluaan.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment