Baca ini Sebelum Menggunakan Obat Kumur

Reporter : | 15 Mei, 2015 - 1:41 pm WITA

Obat kumur, antiseptik, mulut, kesehatan mulut

(foto: pixabay)

ManadoToday – Obat kumur adalah produk yang digunakan untuk kesehatan mulut. Obat kumur antiseptik dan anti plak diketahui dapat membunuh kuman yang menyebabkan plak, gingivitis, dan bau mulut. Obat kumur umumnya diklasifikasikan baik sebagai obat kumur yang dapat dipakai sehari-hari, untuk pengobatan, atau kombinasi dari keduanya.

Obat kumur komersial membantu menghilangkan kotoran sebelum atau setelah menyikat gigi, menekan sementara bau mulut, mengurangi bakteri di mulut, dan menyegarkan mulut.

Sedangkan obat kumur untuk pengobatan memiliki semua manfaat obat kumur komersial tapi juga mengandung bahan aktif yang membantu melindungi terhadap beberapa penyakit mulut.

Dokter gigi biasanya akan meresepkan obat kumur khusus untuk pasien dengan masalah mulut yang lebih berat, seperti gigi berlubang, penyakit periodontal, peradangan gusi, dan xerostomia (mulut kering). Obat untuk pengobatan juga sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak dapat menyikat gigi karena gangguan fisik atau alasan medis.

Banyak dokter gigi hanya menyarankan penggunaan pasta gigi ber fluoride untuk perlindungan yang memadai terhadap gigi berlubang. Meskipun obat kumur ber fluoride telah terbukti secara klinis untuk melawan hingga 50 persen lebih dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, dan paling efektif untuk membatasi bau mulut dan menyegarkan mulut sampai tiga jam.

Bagaimana cara menggunakan obat kumur yang benar?

Sebelum menggunakan obat kumur, dokter gigi menyarankan agar anda menyikat terlebih dahulu. Gunakan takaran obat kumur sesuai dengan anjuran yang tertera dibalik botol atau sesuai saran dokter gigi. Anda biasanya jangan dulu makan, atau merokok selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur, karena itu akan mencairkan fluoride dan tidak akan efektif.

Baca Juga :

Leave a comment