Wagub Sulut Hadiri Rakornas PIP Tahun 2015

Reporter : | 14 Mei, 2015 - 7:34 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah.Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gandhi Kantor Pusat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jakarta, bertujuan melakukan pembenahan aparat pengawasan intern pemerintah dalam berbagai aspek.

Menurut Kansil, kegiatan yang dibuka Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) tersebut, mengangkat tema “Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dalam rangka Mengawal Akuntabilitas Pembangunan Nasional”, dan diikuti aparat pengawasan intern pemerintah yang bertanggungjawab melakukan pengawasan intern sesuai tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien guna mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Kata dia, berdasarkan hasil penilaian terhadap 417 APIP daerah yang telah dilakukan BPKP sampai Desember 2014 dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IA-CM), sebanyak APIP (11,99 persen) berada pada level dua (Infrastructure) dan sebanyak 367 APIP (88,015) berada pada level 1 (Initial).

“Oleh karena itu, lewat rapat koordinasi nasional ini diharapkan menghasilkan sejumlah persamaan persepsi dan langkah strategis antara lain tersusunnya kebijakan peningkatan kapabilitas APIP daerah, serta peningkatan kapabilitas menjadi bagian dari dokumen perencanaan RPJMN, RPJMD, dan Renstra.

“Kegiatan ini lagi, diharapkan akan segera tersusunnya grand design peningkatan kapabilitas APIP, dan tersusunnya roadmap peningkatan kapabilitas menuju level 3, berikut action plan-nya,” terang Kansil.

Ditambahkan dia, menjadi pemateri dalam kegiatan itu, Ketua BPK, Menteri PAN dan RB, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Mendagri, Menkeu, Serta Menteri PU dan Pera. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment