Tips Cegah Anak Alami Cedera Regangan yang Berulang (RSI)

Reporter : | 13 Mei, 2015 - 3:47 pm WITA

 regangan yang berulang, RSI, anak, kesehatan

(foto: pixabay)

ManadoToday – Cedera regangan yang berulang (RSI) adalah kondisi yang disebabkan terlalu menempatkan banyak tekanan pada sendi, dan itu bervariasi dalam jenis dan tingkat keparahan. Kebanyakan RSI terkait dengan gerakan yang berulang di depan komputer atau cedera berlebihan saat berolahraga.

RSI pada anak-anak dapat terjadi saat bermain video game, memainkan alat musik, atau gerakan berulang-ulang saat berolahraga seperti tenis.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah RSI adalah sebagai berikut:

– Selalu ingatkan anak untuk duduk tegak. Membungkuk saat menggunakan komputer dapat menempatkan tekanan berlebihan pada leher, punggung, atau tulang belakang dan menyebabkan RSI.

– Beritahu anak-anak untuk menghindari menegangkan bahu.

– Kaki harus diposisikan nyaman dan rata di lantai serta pinggul tegak lurus (antara 90-100 derajat) relatif terhadap tulang belakang.

– Ingatkan anak-anak bahwa tidak perlu mengetik keyboard terlalu keras. Anak-anak harus menjaga sudut 90 derajat antara pergelangan tangan dan siku dan bagian atas lengan. Jari dan pergelangan tangan harus tetap setingkat saat mengetik.

– Mengambil waktu istirahat juga penting untuk mencegah RSI. Anak-anak bisa lupa kapan waktu untuk istirahat, jadi pastikan mereka mengistirahatkan mata, punggung, pergelangan tangan, dan leher setiap setengah jam atau lebih.

– Peregangan atau sekedar berjalan dan naik sepeda dapat membantu anak-anak mencegah hal ini.

– Ingatkan anak agar tidak terlalu dekat dengan monitor komputer dan fokus pada sesuatu yang jauh setiap beberapa saat. Pencahayaan yang cukup di ruang kerja juga dapat membantu kelelahan mata.

Baca Juga :

Leave a comment