Cara Mengobati dan Mencegah Sariawan

Reporter : | 13 Mei, 2015 - 1:40 pm WITA

 Sariawan, kesehatan, obat  Sariawan,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Sariawan adalah luka dangkal kecil yang muncul di mulut dan menyebabkan kesulitan saat makan dan berbicara. Ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu.

Jenis Sariawan

– Sariawan sederhana: Ini dapat muncul sekitar tiga sampai lima kali setahun dan berlangsung selama sekitar satu minggu. Sariawan jenis ini ditemukan pada orang-orang kelompok usia 10 sampai 20 tahun.

– Sariawan kompleks: Jenis ini jarang terjadi dan akan lebih sering jadi pada mereka yang sudah terkena satu kali.

Penyebab Sariawan:

– Makanan tertentu seperti buah jeruk atau makanan asam seperti lemon, jeruk, nanas, apel, tomat, buah ara dan stroberi.

– Permukaan gigi yang tajam.

– Alat bantu gigi yang tajam seperti kawat gigi, dan gigi palsu.

– Sistem kekebalan tubuh terganggu.

– Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, seng, asam folat atau kekurangan zat besi.

– Penyakit saluran pencernaan seperti penyakit celiac dan penyakit Crohn.

Pengobatan sariawan

Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam seminggu dan jika terjadi infeksi, bilas mulut dengan antimikroba, salep kortikosteroid diberikan pada luka untuk mengurangi rasa sakit.

Pencegahan Sariawan

Hindari makanan asam atau pedas yang dapat mengiritasi mulut dan gunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat gigi dan menyikat gigi dua kali sehari agar kesehatan mulut tetap terjaga.

Sariawan biasanya dapat ditangani sendiri di rumah, namun jika luka mulai membesar,menyebar, berlangsung lebih dari 3 minggu, terasa sangat sakit dan disertai demam tinggi, segeralah pergi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Baca Juga :

Leave a comment