Cara Menyembuhkan Dermatitis Kontak

Reporter : | 12 Mei, 2015 - 2:41 pm WITA

 Dermatitis ,Kontak,  Dermatitis Kontak, kulit, penyakit kulit

(foto: pixabay)

ManadoToday – Dermatitis kontak adalah peradangan akut pada kulit yang disebabkan oleh iritasi atau alergi. Gejala utama adalah rasa gatal. Dermatitis kontak iritan adalah jenis yang menyumbang 80% dari semua kasus dermatitis kontak (DK).

Ini adalah reaksi inflamasi nonspesifik terhadap zat yang melakukan kontak dengan kulit.  Banyak zat yang terlibat, termasuk bahan kimia (misalnya, asam, alkali, pelarut, garam logam), sabun (misalnya, abrasive, deterjen), tanaman (misalnya, poinsettia, paprika), dan cairan tubuh (misalnya, urin, saliva)

Gejala dan Tanda

– Gejala utama adalah rasa gatal yang intens; nyeri biasanya merupakan hasil dari ekskoriasi atau infeksi. Bentuk paling parah dari penyakit ini adalah pembengkakan disertai bula dan ulserasi.

– Setiap permukaan kulit berpotensi terinfeksi , tapi tangan adalah yang paling umum karena tangan sering melakukan kontak langsung dengan allergen.

– Penyakit biasanya hanya terbatas pada satu daerah yang terkena, tapi dapat menyebar jika digaruk

Untuk pengobatan dapat dikompers dengan kompres dingin dan kortikosteroid atau dapat juga menggunakan obat Antihistamin sistemik (misalnya, Hydroxyzine, Diphenhydramine).(artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment