SHS Apresiasi Peran Pemkab/Pemkot di Sulut Tunjang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS)

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyatakan dirinya memberikan apresiasi baik terhadap Pemerintah Kabupaten dan Kota di daerah ini yang ikut memberikan kontribusi dalam peningkatan Pertumbuhan Ekonomi (PE) masyarakat di Sulut. Hal tersebut dikatakannya, ketika memberi sambutan di seminar yang digelar BPK-RI di Unsrat Manado.

Dijelaskan dia, pertumbuhan ekonomi Sulut yang kini mencapai 7,5 persen, tak lepas dari peran positif Pemerintah Kabupaten dan Kota, termasuk Kepala Daerah yang berperan aktif dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi, sehingga Sulut bisa mencapai angka di atas rata-rata nasional.

“Pendapatan Per Kapita kita (Sulut,red), rata-rata mencapai 3000 US dolar, menuju 3500 sampai 4000 US dolar sesuai dengan RPJMN. Sedangkan IPM Sulut mendapat ranking dua nasional dan dipertahankan lima tahun berturut-turut sesudah Provinsi DKI Jakarta,” terang SHS.

Disisi lain, dia menyatakan supaya seluruh daerah di Sulut harus bertekad dalam penyajian laporan keuangan dan penilaian BPK-RI terkait dengan pemberian opini.

“Saya yakin Sulut akan meraih WTP pada pemeriksaan BPK-RI Tahun Anggaran 2014, karena sudah menjadi komitmen bersama dalam pengelolaan APBD Sulut,” tandas SHS.

Tambah dia lagi, paradigma baru BPK-RI bukan hanya memeriksa pengelolaan keuangan tetapi juga meneliti sebagaimana anggaran yang dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang diarahkan pada anggaran kinerja.

“Artinya, dana yang dikelola sepadan dan seimbang dengan hasil yang dicapai,” tukasnya. (ton)