MUI Gelar Silaturahim Umat Muslim Pertama di Sulut

Reporter : | 11 Mei, 2015 - 8:38 pm WITA

Ketua BPK, SHS , Dondokambey, MUI

Ketua BPK RI Harry Azhar, Gubernur Sulut DR. S.H. Sarundajang, dan Anggota DPR RI Olly Dondokambey, di acara silaturahmi pertama umat Muslim di Provinsi Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar silaturahmi pertama umat Muslim di Provinsi Sulut. Kegiatan yang digelar di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Senin (11/5/2015), dihadiri sekaligus menjadi pembicara Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI DR Harry Azhar dan Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

Menurut SHS dalam sambutannya, kemajemukan persatuan umat beragama di Sulut terus mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satu buktinya, yakni diselenggarakannya acara silaturahim umat muslim pertama di Sulut ini.

“Saya memberi apresiasi baik pelaksaan kegiatan strategis yang pertama kali diadakan ini. Kerukunan antar umat beragama dan maayarakat di Sulut, terus menjadi contoh bagi banyak orang dalam membina hubungan baik antar sesama, gubernur merasa bangga karena sulut menjadi daerah pertama dalam melaksanakan kegiatan silaturahim umat islam,” ujar SHS.

Dia katakan, kemajemukan bangsa tak semata mencakup perbedaan agama, golongan, etnis dan daerah, melainkan juga kemajemukan dan kearifan lokal. Kearifan lokal itu tertanda dalam kehidupan masyarakat sulut yang hidup penuh kedamaian dan rasa pluralisme yang tinggi.

“Masyarakat Sulut bangga dengan keberagaman dan bisa mengelola kemajemukan sebagai aset dalam meningkatkan kehidupan bangsa. Semuanya tak lepas dari peran para pemimpin agama baik muslim dalam menjaga keutuhan daerah nyiur melambai. Kebersamaan ini menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga keutuhan daerah dan NKRI,” tandas SHS.

Sementara Ketua BPK RI Harry Azhar dalam sambutanya juga mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat memoerkokoh persatuan umat islam di sulut dalam menghadapi berbagai agenda pembangunan daerah.

“Melalui kegiatan ini dapat dilaksanakan koordinaai gerakan pemberdayaan umat di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya,” ungkapnya.

Sekprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan yang turut menghadiri acara tersebut mengatakan, kemajemukan atau pluralitas yang turut dijaga oleh warga muslim di sulut selama ini merupakan suatu keindahan dan menjadi contoh bagi bangsa Indonesia untuk menjaga ikatan silahturahmi persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

Dalam kegiatan dengan tema akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah serta kontribusi dan kerjasama perbankan dalam pembangunan daerah serta pengeloaan lingkungan hidup yang berorientasi kesejahteraan masyarakat daerah, dilaksanakan tanya jawab dengan ketua BPK terkait pengeloaan keuangan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Olly Dondokambey, Anggota DPD RI Fabian Sarundajang, unsur Forkopimda Sulut, unsur BKSUA Sulut dan perwakilan umat muslin dari seluruh Kabupaten dan Kota se Sulut. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment