Tips Pemilihan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Reporter : | 11 Mei, 2015 - 4:41 pm WITA

Batu, Empedu, Batu Empedu, empedu,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Empedu adalah cairan yang berada di dalam kantong empedu yang mempunyai berperan dalam pencernaan lemak. Ketika cairan ini mengeras, itulah yang disebut Batu empedu. Resiko penyakit ini akan bertambah seiring bertambahnya usia. Penyakit ini umumnya dialami orang yang berusia 40 tahun keatas. Wanita juga diketahui mempunyai dua kali resiko lebih besar mendapatkan penyakit ini dibandingkan laki-laki.

Untuk menghindari penyakit ini, ada baiknya kita mengadopsi cara hidup sehat, dengan memakan makanan yang sehat, untuk lebih lengkapnya simak artikel dibawah ini:

Makanan yang harus dihindari

– Makanan yang menyebabkan batu empedu adalah makanan yang berbasis hewan: Makanan yang harus dihindari adalah makanan cepat saji, makanan berminyak, makanan pedas, daging merah, telur, daging babi, bawang, susu, jagung, dan kacang-kacangan. Anda juga perlu mengurangi jumlah asupan lemak hewan, mentega, margarin, mayones dan makanan yang digoreng.

– Makan diet tinggi serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran: Hindari lemak jenuh dan minyak terhidrogenasi parsial dan membatasi karbohidrat olahan seperti tepung dan biji-bijian digiling dan gula yang ditambahkan.

– Diet rendah lemak membantu mengurangi risiko terkena batu empedu.

Makanan yang harus dimakan untuk mencegah batu empedu

Batu empedu dapat dicegah dengan meningkatkan serat yang didapat dari buah-buahan dan sayuran. Makanan yang dianjurkan adalah apel, barley, brokoli, wortel, seledri, jeruk, lemon, semangka, dan bawang putih. Daging seperti daging ayam, kalkun dan ikan. Daging ini rendah kolesterol, tetapi harus dilengkapi dengan buah-buahan dan sayuran. Minum 10-20 gelas air per hari.

Mencegah Batu empedu

– Menjaga berat badan yang sehat

– Hindari diet ketat atau asupan yang sangat rendah kalori

– Ambil diet rendah lemak dan tinggi serat

Tips untuk penderita Batu empedu

– Lemak dan kolesterol: Penyebab utama untuk batu empedu adalah lemak dan kolesterol. Hindari makanan berlemak, kolesterol dan makanan olahan. Batasi asupan lemak setiap hari untuk 30grams lemak per hari.

– Buah-buahan dan sayuran: Masukkan buah-buahan dan sayuran dalam menu makanan setiap hari.

– Gandum: Cobalah untuk makan sereal setidaknya 5 gram serat per porsi.

– Susu: Beralih dari susu ke susu skim dan produk susu bebas lemak. (dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment