Tips Cara Menyembuhkan Kudis Pada Anak

Reporter : | 10 Mei, 2015 - 11:09 pm WITA

 Kudis ,  Kudis anak, anak, Tungau Sarcoptes scabiei, kutu,ManadoToday – Kudis adalah kondisi dimana kulit terasa rasa gatal dan ruam. Hal ini disebabkan oleh kutu yang disebut Tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini menyebabkan liang di kulit serta menyebabkan rasa gatal di daerah itu. Gatal akan lebih terasa di malam hari.

Gejala kudis:

– Benjolan merah, seperti nodul atau jerawat yang muncul di antara jari anak, di bagian dalam pergelangan tangan, lengan bawah, siku, lutut, dan sepanjang pinggang.

– Luka akibat infeksi bakteri sekunder.

– Rasa gatal terutama pada malam hari.

– Tempat umum infeksi terjadi di kulit kepala, wajah, leher, telapak tangan, telapak kaki. Untuk pengobatan, dapat menggunakan krim 5% permetrin atau lotion ke seluruh tubuh anak. Lotion atau krim dibiarkan selama 8-14 jam dan dicuci dengan scrub saat mandi.

Untuk ruam dapat menggunakan krim steroid lesions, antihistamin atau obatan anti-gatal lainnya. Karena tungau bisa hidup selama 48-72 jam, pakaian, selimut, handuk dll harus dicuci dalam air panas dan dikeringkan dengan cara dijemur di panas matahari atau dipanaskan.

Baca Juga :

Leave a comment