Penyerapan Anggaran, Bitung Daerah Tertinggi di Sulut

Reporter : | 10 Mei, 2015 - 2:48 pm WITA

Evaluasi Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2015  

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemkot Bitung menjadi daerah dengan penyerapan anggaran tertinggi untuk Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk triwulan pertama Tahun 2015 ini.

Dari data di Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Sulut, penyerapan anggaran Bitung dengan presentase 19,09 persen.

“Bitung menempati posisi tertinggi untuk penyerapan triwulan pertama tahun 2015 ini. Sedangkan terendah kabupaten Bolmong Selatan dengan presentase 7,82 persen,” ujar Kepala Biro Pembangunan Farly Kotambunan.

Lanjutnya, berdasarkan instruksi Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil, beberapa waktu lalu, pengelola keuangan daerah di Kabupaten dan Kota se Sulut agar dapat meningkatkan penyerapan anggaran. “Kalau perlu hingga tiga kali lipat untuk triwulan kedua tahun anggaran berjalan ini,” tukasnya.

Kotambunan menambahkan, daya serap harus cepat namun wajib mengikuti peraturan yang berlaku. Ini juga untuk memacu Kabupaten dan Kota di Sulut bisa meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau mengikuti jejak daerah lain dalam meraih penghargaan demi nama baik daerah ini.

“Oleh karena itu, kabupaten dan kota harus komit dalam koordinasi dengan pihak provinsi. Anggaran harus dikelola dengan baik, karna berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment