Flu Pada Anak-anak dan Cara Mengobatinya

Reporter : | 09 Mei, 2015 - 3:46 pm WITA

 Flu adalah, infeksi virus , virus akut, virus flu,ManadotToday – Flu adalah infeksi virus akut pada saluran pernapasan bagian atas yang mempengaruhi hidung, tenggorokan, sinus, laring, dan kadan paru-paru. Varietas rhinovirus dan coronavirus adalah penyebab paling umum. Virus ini mudah menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi (misalnya jabat tangan, berbagi benda yang sama atau berciuman).

Setelah memasuki tubuh, virus akan berkembang (sering di belakang hidung) dan menyebabkan respon inflamasi yang menghasilkan gejala khas seperti lendir yang berlebihan (mungkin ini adalah upaya tubuh untuk membersihkan virus) dan saluran udara membengkak .

Flu biasa ditularkan melalui kontak orang-ke-orang. Kebersihan yang buruk dapat mempercepat infeksi. Berciuman dan berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi adalah cara umum penularan. Malnutrisi dan paparan cuaca dingin atau hujan tidak menyebabkan flu.

Gejala flu biasanya muncul 36-72 jam setelah paparan. Gejala pertama yang terjadi biasanya iritasi pada hidung dan tenggorokan, kemudian hidung tersumbat, sakit tenggorokan (faringitis), bersin, batuk, dan pilek (rhinorrhea. Sakit kepala, nyeri tubuh, dan malaise juga biasa terjadi, namun demam jarang terjadi.

Gejala biasanya berlangsung 5 sampai 10 hari dan sembuh tanpa pengobatan pada orang sehat.

Untuk pengobatan, vaksin eksperimental telah digunakan untuk mengobati beberapa jenis rhinovirus, tetapi vaksin tidak tersedia untuk mengobati flu biasa. Obat yang biasa digunakan adalah antihistamin, dekongestan, dan ekspektoran. Acetaminophen dan ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa nyeri tubuh, malaise, dan sakit kepala. Air hangat membantu pernapasan yang sesak bagi kebanyakan orang.

Jika ingin mencega, cara terbaik adalah menjaga kebersihan. Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat dapat meminimalkan penyebaran infeksi.

Baca Juga :

Leave a comment