Sembilan Tips Cerdas Cegah dan Mengurangi Keparahan Jerawat

Reporter : | 09 Mei, 2015 - 1:40 pm WITA

Jerawat, cegah Jerawat, kesehatan, kecantikanManadoToday – Metode yang paling efektif untuk mencegah jerawat kombinasi pencegahan dan perawatan kulit yang lebih baik. Pencegahan jerawat yang efektif membutuhkan pemilihan penggunaan pengobatan jerawat yang tepat, dan kebiasaan untuk menjaga kebersihan.

Untuk menyingkirkan jerawat dan masalah kulit lainnya seperti komedo, cobalah simak beberapa tips tentang pencegahan jerawat dibawah ini. Tips ini akan membantu anda mengurangi tingkat keparahan dan mencegah jerawat.

Tips #1
Jangan pernah memencet jerawat / komedo, ini akan menyebabkan infeksi atau bekas luka, dan selalu membuat jerawat lebih memburuk. Jika terlanjur melakukan hal ini, pastikan untuk segera menerapkan antibiotik topikal untuk membantu mencegah infeksi.

Tips #2
Cuci handuk kotor dan sarung bantal secara teratur karena bantal contohnya merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang akan membuat jerawat lebih memburuk.

Tips #3
Rambut berminyak dapat memperburuk jerawat, sehingga menghindari penggunaan produk berminyak seperti minyak rambut atau hair spray, terutama jika anda memiliki jerawat di dahi. Jika Anda memiliki rambut panjang, cobalah untuk mengikat rambut ke belakang atau pertimbangkan memiliki gaya rambut pendek. Pastikan untuk menarik rambut kebelakang atau jauh dari kulit ketika sedang tidur agar jerawat tidak berkembang saat malam.

Tips #4
Mandi sesegara mungkin setelah berolahraga karena keringat yang dikombinasikan dengan minyak kulit akan menjebak kotoran dan bakteri di pori-pori kulit.

Tips #5
Cuci kulit dengan pembersih muka non-sabun dengan lembut atau pembersih dan air hangat sekali atau dua kali sehari. Air panas dan pembersih yang keras dapat mengiritasi kulit anda.
Jangan tidur dengan kosmetik masih menempel di kulit wajah. Ini akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Dan jika anda ini menggunakan scrub, ingatlah untuk menggunakan produk dengan bahan-bahan pengelupasan kulit yang lembut dan tidak mengandung alkohol, atau pilihan terbaik adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Tips # 6
Gunakan kosmetik yang berlabel “noncomedogenic” atau “nonacnegenic”. Gunakan pelembab non-acnegenic di daerah rawan jerawat. Bersihkan kuas kosmetik anda secara teratur dan membuang yang sudah lama. Menjaga sesuatu yang dapat membawa bakteri dari menyentuh Anda. Hindari kosmetik wajah yang berkilauan karena dapat membuat pori-pori tersumbat.

Tips #7
Gunakan krim pengobatan topikal di tempat-tempat di mana cenderung jerawat muncul. Proses penyumbatan pori-pori biasanya terjadi dua sampai tiga minggu sebelum efeknya terlihat jelas di kulit. Gunakan obat jerawat seperti asam salisilat, retinoid topikal, antibiotik oral dan benzoil peroksida untuk remaja.

Tips #8
Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah dan penetrasi oksigen ke kulit, yang membantu mencegah jerawat. Hal ini juga membantu melawan jerawat dengan memerangi tingkat stres. Seperti diketahui stres juga dapat memicu terjadinya jerawat, sehingga cara terbaik adalah menghindari situasi stres.

 Tips #9
Minum setidaknya 64 ons air atau 6-8 gelas air sehari untuk membantu “detoksifikasi” tubuh dari dalam ke luar. Ini membantu dalam hidrasi kulit yang baik, sehingga mencegah sekresi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

Baca Juga :

Leave a comment