SHS Minta Polda Sulut Intensifkan Operasi Kendaraan Bermotor

Reporter : | 08 Mei, 2015 - 9:15 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) meminta Polda Sulut intensifkan melakukan razia kendaraan bermotor, khususnya bagi yang menunggak pajak. Hal itu disampaikan SHS, kepada Kapolda Sulut Brigjen Pol. Wilmar Marpaung SH.

“Di Sulut banyak kendaraan yang saat ini bebas beroperasi tapi tak membayar pajak. Saya harap operasi kendaraan ditingkatkan, dan memberikan sanksi yang bisa memberi efek jerah kepada pemilik kendaraan cuek membayar pajak,” tegasnya.

Dia katakan, razia bisa juga dilakukan seperti waktu lalu, baik dijalan maupun di setiap SPBU. Ini supaya pemilik kendaraan yang tunggak pajak, bisa sadar akan kewajiban mereka.

Disisi lain, SHS menghimbau kepada masyarakat Sulut khususnya pemilik kendaraan, kiranya ada kesadaran membayar pajak kendaraannya sebelum jatuh tempo di setiap Kantor Samsat di Kabupaten/Kota se- Sulut.

“Untuk itu, saya berharap juga peran Polres di masing-masing kabupaten dan kota, terkait operasi pajak kendaraan ini,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Sulut Roy M Tumiwa, mengatakan jumlah kendaraan berdasarkan data dari Polda Sulut yang beroperasi, berjumlah 879 ribu.

“Tapi data di kantor-kantor Samsat, jumlah kendaraan sekitar 560 ribu. Sementara yang telah melakukan registrasi atau telah membayar pajak baru berjumlah 315 ribu kendaraan,” terang Tumiwa.

Ditambahkan dia, Dispenda saat ini telah melakukan penambahan loket pelayanan seperti samsat drive-thru.

“Tujuannya untuk mempermudah pemilik kendaraan membayar pajak,” pungkasnya. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment