Yang Harus Dilakukan Saat Menderita Gastroenteritis/Radang lambung

Reporter : | 08 Mei, 2015 - 6:28 pm WITA

Gastroenteritis, Radang lambung ,  lambung, obat Gastroenteritis,ManadoToday – Gastroenteritis/Radang lambung adalah peradangan perut dan usus. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus, makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri atau parasit, reaksi terhadap makanan baru dan efek samping dari obat-obatan.

Penderita yang mengidap gangguan ini dapat mengalami demam ringan. Tergantung pada penyebab peradangan, gejala dapat berlangsung lebih dari satu hari sampai lebih dari seminggu.

Tanda dan gejala

– Mual atau muntah

– Diare

– Kram perut

– Kembung

Yang harus dilakukan Jika anda merasa mengalami Gastroenteritis:

– Berhenti makan dan minum selama beberapa jam.

– Minum banyak cairan, seperti Gatorade atau air, untuk mencegah dehidrasi.

– Jika ingin makan,secara bertahap mulai makanan hambar terlebih dahulu, atau makanan yang mudah dicerna, seperti kerupuk, roti, agar-agar, pisang, nasi dan ayam. Berhenti makan jika kembali merasa mual. Hindari susu dan kafein, alkohol, nikotin, dan lemak.

– Pertimbangkan acetaminophen (Tylenol, dll) untuk menghilangkan ketidaknyamanan, kecuali jika anda memiliki penyakit hati.

– Istirahat.

Dapatkan bantuan medis jika:

– Muntah berlangsung selama lebih dari dua hari.

– Diare berlanjut selama lebih dari beberapa hari.

– Diare berdarah.

– Demam 101 F (38,3 C) atau lebih tinggi.

– Mengembangkan kebingungan.

– Perut semakin terasa sakit.

Yang harus dilakukan jika anak menderita Gastroenteritis:

– Dorong anak untuk beristirahat.

– Ketika anak mulai berhenti muntah, tawarkan sejumlah kecil cairan rehidrasi oral, seperti Pedialyte, jangan hanya menggunakan air. Pada anak-anak dengan gastroenteritis, air tidak dapat diserap dengan baik dan tidak memadai untuk menggantikan cairan yang hilang. Juga hindari jus apel dan susu, yang dapat membuat diare lebih buruk.

– Secara bertahap, berikan makanan hambar atau makanan yang mudah dicerna, seperti roti, bubur, pisang dan kentang. Hindari memberikan produk anak susu dan makanan manis, seperti es krim, soda dan permen. Ini dapat membuat diare lebih buruk.

– Pertimbangkan acetaminophen (Tylenol, dll) untuk menghilangkan ketidaknyamanan, kecuali anak memiliki penyakit hati. Jangan berikan aspirin.

Bawa ke dokter jika anak anda:

– Luar biasa mengantuk.

– Muntah darah.

– Diare berdarah.

– Menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut dan kulit kering, rasa haus, mata cekung, atau menangis tanpa air mata. Pada bayi, waspada titik lemah di bagian atas kepala menjadi cekung dan tidak kencing selama lebih dari delapan jam.

Baca Juga :

Leave a comment