Soal Longsor Ruas Kapitu-Tewasen, Warga Minta Pemkab Minsel Berinisiatif Usulkan Perbaikan

Reporter : | 08 Mei, 2015 - 3:21 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) diminta warga, berinisiatif  mengusulkan perbaikan di sejumlah titik ruas jalan Kapitu-Amurang Kecamatan Amurang Barat , yang loongsor hingga sebagian jalan amblas, akibat curah hujan tinggi, pada bulan Januari 2015 lalu.

Pasalnya, hingga kini belum ada tanda-tanda perbaikan yang dilakukan instansi terkait, kendati ruas jalan tersebut sangat fital dan ramai dilalui kendaraan setiap hari , apalagi ruas jalan tersebut merupakan penghubung wilayah Minsel dan Bolaang Mongondow, serta wilayah Minahasa Selatan bagian atas (Minsela) dengan Amurang sebagai ibu kota Kabupaten.

“Memang ruas jalan ini bukan kewenangan Pemkab Minsel. Namun karena ini terletak di wilayah Minsel, tidak ada ruginya jika Pemkab Minsel berinisiatif mengusulkan perbaikan, kepada Pemprof Sulut atau pemerintah pusat  yang berwenang melakukan perbaikan,” ujar Herry Takapente, warga  Kecamatan Amurang Barat.

Karena menurut Takapente jika terus dibiarkan ruas jalan tersebut terancam putus jika nantinya terjadi intensitas curah hujan tinggi. Selain itu saat ini ruas jalan tersebut sangat rawan kecelakaan terlebih ketika malam hari, apalagi tidak ada pagar atau pembatas sebagai pengaman ruas jalan yang telah longsor tersebut.

“Nah jika terjadi demikian yang dirugikan adalah masyarakat Minsel. Karena itu Pemkab Minsel diharapkan pro aktif mengusulkan perbaikan, sehingga secepatnya ruas jalan tesebut akan diperbaiki instansi terkait.  Terlebih ruas jalan itu, sangat penting bagi masyarakatm baik yang menjual hasil perkebunan dan pertanian maupun yang beraktifitas sebagai aparat sipil negara, karyawan swasta dan petani. Jangan menunggu korban baru kemudian melakukan perbaikan,”tandasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment