Bayi Rewel Saat Gigi Pertama Tumbuh? Ini Cara Menenangkannya

Reporter : | 07 Mei, 2015 - 6:38 pm WITA

bayi, gigi bayi, gigi, pertumbuhan gigiManadoToday – Pertumbuhan gigi pada bayi merupakan cobaan bagi orang tua dan bayi. Orang tua biasanya tidak akan tega melihat anak yang terus menangis saat gigi pertama mereka lahir, begitu juga sang bayi yang harus menahan sakit. Pelajari cara untuk menenangkan gusi sakit dan cara merawat gigi baru bayi anda.

Tanda dan gejala umum bayi akan memiliki gigi pertama mereka:

– Air liur, mungkin mulai sekitar dua bulan sebelum gigi pertama muncul

– Sifat lekas marah

– Gusi bengkak

– Mengunyah benda padat

– Sifat mudah tersinggung

– Kesulitan tidur

– Kehilangan selera makan

Jika bayi yang giginya sedang tumbuh dan tampaknya dia terlihat tidak nyaman, pertimbangkan tips-tips sederhana ini:

– Gosok gusi bayi anda: Gunakan jari yang bersih, kasa yang dibasahi atau kain lap basah untuk memijat gusi bayi. Tekanan dapat meringankan ketidaknyamanan bayi.

– Memberikan gelang untuk digigit: Cobalah salah satu produk perusahaan yang terbuat dari karet. Gelang ini biasanya berisi cairan yang bisa pecah jika digigit oleh bayi. Jika botol minuman bisa digunakan, isi botol dengan air karena kontak lama dengan gula dari susu formula, susu atau jus dapat menyebabkan kerusakan gigi.

– Keringkan air liur: Air liur berlebihan adalah bagian dari proses tumbuh gigi. Untuk mencegah iritasi kulit, gunakan kain bersih untuk mengeringkan air liur dari dagu bayi.

– Gunakan obat: Jika bayi kesulitan tidur atau sangat rewel, acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu. Jangan memberikan produk yang mengandung aspirin. Hindari menggunakan obat yang digosok langsung ke gusi karena kebanyakan dokter tidak menyarankan hal tersebut.

Apakah perlu memanggil dokter?

Pertumbuhan gigi biasanya dapat ditangani di rumah. Hubungi dokter jika bayi mengalami demam, tampaknya sangat tidak nyaman, atau memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit lainnya. Ingat, gigi tidak menyebabkan demam, pilek atau diare.

Bagaimana cara merawat gigi baru bayi?

– Idealnya, anda harus membersihkan gusi bayi dengan lap bersih setiap hari. Ini dapat menjaga bakteri tidak berkumpuil di mulut bayi.

– Ketika gigi bayi mulai muncul, gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan gigi. Tidak perlu menggunakan pasta gigi. Sampai anak belajar untuk meludah – sekitar usia 2 atau 3 – anda hanya perlu menggunakan air.

– Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan gigi. The American Dental Association merekomendasikan anak dibawah ke dokter gigi sejak berusia 1 tahun. Perawatan gigi anak yang teratur dapat menghindari masalah gigi dan gusi anak untuk seumur hidupnya.

Baca Juga :

Leave a comment