Jenis-jenis Biang Keringat dan Cara Mengobatinya

Reporter : | 07 Mei, 2015 - 4:36 pm WITA

 Biang Keringat, obat biang keringat, miliaria , ruam panas,ManadoToday – Ruam panas atau juga dikenal dengan biang keringat dan miliaria tidak terjadi pada bayi biang keringat juga mempengaruhi hingga sepertiga dari orang dewasa yang tinggal di iklim tropis.

Biang keringat terjadi ketika saluran keringat tersumbat dan keringat terperangkap di bawah kulit. Gejala berkisar dari lecet yang dangkal hingga dalam, benjolan merah. Beberapa bentuk ruam panas bisa sangat gatal.

Paling sering, biang keringat bisa hilang dengan sendirinya, sedangkan bentuk paling parah mungkin perlu perawatan medis, tapi cara terbaik untuk meredakan gejala adalah dengan mendinginkan kulit dan mencegah tidak berkeringat.

Ada tiga jenis Biang keringat yang diklasifikasikan menurut dimana saluran keringat tersumbat. Tanda dan gejala untuk setiap jenis bervariasi:

– Miliaria crystallina: Bentuk paling ringan dari biang keringat, ini mempengaruhi saluran keringat di stratum korneum, lapisan paling atas dari kulit. Miliaria crystallina ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang mudah pecah namun tidak menyebabkan sakit maupun gatal. Biasanya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tetapi bisa kembali jika cuaca panas terus berlanjut. Dan meskipun ini paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir, orang dewasa juga dapat mengembangkannya, terutama jika mereka baru saja pindah dari iklim sedang ke daerah tropis.

– Miliaria rubra: Terjadi lebih dalam dari lapisan luar kulit (epidermis), Miliaria rubra menyebabkan benjolan merah yang sangat gatal. Orang dewasa dapat mengembangkan Miliaria rubra tak lama setelah mereka terkena cuaca panas, tapi ruam lebih sering muncul setelah beberapa bulan terpapar.

– Miliaria profunda: Bentuk yang jarang terjadi dari biang keringat, Miliaria profunda terjadi terutama pada orang dewasa yang telah mengalami Miliaria rubra berkali-kali. Ini mempengaruhi dermis, lapisan kulit yang lebih dalam, dan muncul dengan cepat setelah berolahraga atau aktivitas apapun yang menyebabkan berkeringat. Luka yang muncul sangat jelas terlihat. Bentuk ini dapat menyebabkan pusing, mual dan denyut nadi cepat.

Pengobatan

Ruam panas biasa tidak memerlukan pengobatan, tetapi bentuk yang lebih parah mungkin perlu terapi topikal untuk meringankan ketidaknyamanan dan mencegah komplikasi.

Pengobatan topikal dapat mencakup:

– Calamine lotion untuk menenangkan gatal

– Lanolin anhidrat, yang dapat membantu mencegah penyumbatan saluran dan menghentikan pembentukan luka baru

– Steroid topikal diberikan untuk kasus yang paling serius

Penggunaan suplemen vitamin C secara oral juga dapat membantu meringankan biang keringat.

Baca Juga :

Leave a comment