Lima Langkah Ampuh Buat Kulit Indah, Sehat dan Bersinar

Reporter : | 07 Mei, 2015 - 2:38 pm WITA

tips sehat, kecantikan, kulit sehat, merawat kulitManadoToday – Semua orang ingin memiliki kulit yang indah, sehat, dan bersinar. Tapi bagaimana cara mendapat kulit seperti itu disaat anda harus menjalani hari-hari dimana polusi dan racun dimana-mana apalagi godaan junk food yang lebih memperburuk keadaan. Untuk membantu anda, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat membantu anda memiliki kulit yang sehat dan indah. Semua ada ditangan anda, tertarik ingin mencoba ??

Langkah 1

Menurunkan produksi minyak berlebih

– Menghindari kosmetik berbahan dasar minyak: Menggunakan kosmetik dengan bahan dasar minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat berkembang. Kosmetik pure mineral, yang ringan dan berbentuk bubuk dapat digunakan dan cenderung tidak terlalu beresiko menyebabkan jerawat.

– Gunakan foundation bebas minyak untuk makeup: Cuci wajah dengan air dingin sebelum menerapkan foundation, karena tindakan ini membantu untuk menutup pori-pori Anda. Dan ingat bilas makeup sebelum tidur.

– Jika Anda menggunakan tabir surya atau pelembab, gunakan yang bebas minyak atau yang sesuai dengan jenis kulit anda. Carilah produk berlebel “noncomedogenic” ini tandanya tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

– Hindari produk seperti minyak rambut atau gel yang dapat menyumbat pori-pori jika rambut sering dibiarkan terurai dan kena di wajah.

– Jika Anda memiliki rambut berminyak, mencuci menggunakan sampo setiap hari.

– Jika tidur tempatkan rambut panjang anda ke belekang agar rambut tidak berhamburan di wajah. Rambut mengandung minyak yang dapat menyebabkan jerawat – bahkan jika Anda tidak menggunakan produk rambut, berhati-hatilah agar tidak terjadi kontak rambut dengan wajah.

– Jangan biasakan menyandarkan wajah di tangan dan juga menempelkan ponsel langsung ke wajah. Tangan dan ponsel dikenal membawa minyak dan kuman yang dapat mengiritasi wajah.

Langkah 2

Mendorong pergantian kulit secara rutin

– Menggunakan pengelupasan kulit adalah salah satu cara termudah untuk mendorong pergantian kulit secara teratur.

РPengelupasan  kulit menghasilkan pelepasan penumpukan sel kulit mati, minyak dan bakteri yang terperangkap di pori-pori.

– Penggunaan produk pengelupasan kulit rumahan atau alami disarankan untuk meminimalkan efek berbahaya dari bahan kimia yang terkandung dalam produk pengelupasan kulit komersial.

– Pepaya merupakan bahan pengelupasan kulit yang efektif yang mengandung asam glikolat yang lembut untuk mengelupas kulit. Ini sangat aman untuk digunakan mingguan.

Langkah 3

Meminimalkan penyebaran infeksi bakteri

– Menggunakan zat untuk mendisinfeksi kulit, secara signifikan dapat mengurangi kehadiran bakteri pada wajah yang membatasi peradangan kulit dan kemungkinan pengembangan jerawat.

– Hindari menggosok wajah dengan alkohol atau produk apapun yang mengandung alkohol dan toner, bahkan jika itu untuk kulit berminyak. Produk-produk ini dikenal menghilangkan kulit alami wajah, pelindung kelembabannya (protective moisture) menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat jerawat lebih buruk.

–¬†Hindari mencuci muka dengan kuat karena dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat lebih buruk. Cuci daerah rawan jerawat dua kali sehari dengan sabun lembut dan air hangat.

– Minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga kulit anda terhidrasi dengan baik. Hal ini berguna, karena jika anada berkeringat, pori-pori bisa bersih.

Langkah 4

Meningkatkan Metabolisme Lemak

– Asam lemak bebas mengiritasi kulit dan mendorong munculnya jerawat, oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dihidrolisis akan meningkatkan metabolisme lemak.

– Namun asam lemak esensial seperti Omega-3 dan Omega-6 sangat bermanfaat, ini ditemukan dalam makanan seperti salmon dan minyak zaitun. Lemak esensial membantu menghilangkan zat pro-inflamasi, yang mengurangi kemungkinan mengalami luka jerawat.

– Berolahraga dapat membakar kelebihan lemak yang dapat menyumbat kulit. Olahragalah dua kali sehari. Hal ini juga dapat membantu dalam mengurangi stres.

Langkah 5

Makan cerdas dan mengurangi peradangan

– Sebuah sistem kekebalan yang kuat adalah pertahanan yang kuat terhadap peradangan.

– Tidur dengan baik juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur minimal 8-10 jam sangat penting untuk memiliki kulit bersinar yang sehat.

– Tambahkan diet anda dengan makanan yang kaya-B Complex, seng dan vitamin C dan E untuk meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh.

– Isotretinoin, turunan dari vitamin A dapat mengurangi minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

– Makan makanan kaya vitamin A meliputi: Hati, minyak ikan, telur utuh, wortel, ubi jalar, dalam buah-buahan dan sayuran berwarna seperti wortel, melon, persik, dan paprika.

– Vitamin E juga memiliki efek yang baik pada kulit. Sayutran berdaun hijau, seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin E.

– Makanan berminyak atau cokelat menyebabkan jerawat adalah sebuah mitos. Namun jika anda mengetahui bahwa ada makanan tertentu menjadi pemicu, cobalah untuk menghindari mereka.

Ikuti langkah-langkah ini selama dua minggu dan lihat hasilnya sendiri. Nikmati rasanya memiliki kulit cantik, bercahaya dan sehat.

Baca Juga :

Leave a comment