Mitos dan Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang Jerawat

Reporter : | 06 Mei, 2015 - 4:00 pm WITA

Jerawat, fakta Jerawat, mitos Jerawat, ManadoToday – Jerawat adalah peradangan kulit lokal yang dihasilkan dari aktivitas kelenjar minyak di folikel rambut / kantung rambut. Hal ini dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terlihat saat masa pubertas.

Mitos tentang Jerawat dan faktanya

Teman, ibu, dan bibi mungkin pernah berbagi pengetahuan tenntang jerawat. Tapi apakah anda tahu bahwa mitos dan kesalahpahaman tentang penyebab dan pengobatan jerawat saat ini terlalu banyak. Sebagai langkah pertama dalam pengobatan jerawat, mari kita ketahui fakta-fakta tantang jerawat:

Mitos #1: Saya tidak perlu merawat jerawat karena mereka bisa hilang dengan sendirinya
Fakta: Ini tidak benar! anda harus mengobati jerawat anda. Meskipun jerawat bisa mereda seiring waktu pada kebanyakan orang, jerawat yang tidak diobati dapat meninggalkan bekas luka yang tak sedap dipandang. Selain itu, jerawat dan bekas jerawat dapat mempengaruhi kepercayaan diri anda.

Mitos #2: Jerawat terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan kulit
Fakta: Penting untuk membersihkan kulit secara teratur, tetapi kulit kotor bukanlah penyebab utama jerawat. Jadi mencuci berulang kali atau menggunakan scrub yang keras tidak akan membantu. Ini sebenarnya dapat membuat jerawat ‘bergejolak’ dan membuat kulit kering dan gatal.

Mitos #3: Lemak dan makanan yang digoreng menyebabkan jerawat. Cokelat, pizza, kentang goreng, sangat buruk
Fakta: Lemak dan makanan yang digoreng tidak sehat, tetapi anda tidak bisa langsung menyalahkan kentang goreng untuk jerawat anda. Diet bergizi dan seimbang baik untuk tubuh dan kulit. Namun, jika anda melihat bahwa makanan tertentu membuat jerawat lebih banyak, mungkin akan lebih baik bagi jika anda menghindari makanan tersebut.

Mitos #4: Jerawat adalah masalah remaja. Orang dewasa tidak mendapatkan jerawat
Fakta: Anda akan terkejut mengetahui bahwa satu dari empat orang dalam kelompok usia 25 sampai 44 tahun memiliki jerawat aktif. Wanita sangat rentan karena tubuh mereka terkena fluktuasi hormonal selama kehamilan.

Mitos #5: Aman untuk memecahkan jerawat
Fakta: Memecahkan jerawat mungkin terasa menyenangkan bagi sebagian orang, mereka menikmati hal tersebut, namun hal tersebut akan merusak struktur di bawah kulit dan dapat meninggalkan bekas luka permanen. Hal ini juga dapat membuat jerawat lebih meradang.

Mitos #6: Sinar matahari membuat jerawat lebih parah.
Fakta: Terlalu banyak paparan sinar matahari buruk bagi kulit. Anda mungkin menemukan jerawat akan sedikit kering setelah terkena paparan sinar matahari, tetapi dalam jangka panjang itu tidak baik. Jika anda menggunakan obat jerawat seperti tetrasiklin dan retinoid, paparan sinar matahari dapat menyebabkan luka bakar yang buruk. Lebih baik menggunakan tabir surya SPF 15 atau lebih ketika beraktivitas di luar untuk semua orang.

Mitos #7: Jerawat adalah bagian dari proses pertumbuhan. Tidak perlu memeriksakan diri ke dokter
Fakta: Berpikir jerawat adalah normal bagi orang-orang pada usia muda, mungkin merupakan kesalahpahaman yang besar. Anda tidak perlu hidup dengan jerawat yang menginvasi muka anda. Jerawat yang parah dapat mempengaruhi kehidupan sosial dan harga diri seseorang. Pengobatan yang efektif telah tersedia untuk itu dan tidak ada alasan mengapa anda tidak mencari pengobatan. Kasus ringan dari jerawat dapat dikontrol dengan produk yang banyak dijual, sedang untuk jerawat sedang sampai parah mungkin memerlukan obat dari dokter spesialis kulit. Mengobati jerawat dapat mencegah jaringan parut permanen dan tentu saja membuat kepercayaan diri meningkat.

Baca Juga :

Leave a comment