Sangat Menular, Ini Cara Mengobati Kutil

Reporter : | 04 Mei, 2015 - 3:52 pm WITA

Kutil, mengobati kutil, obat kutil, jenis kutil

Kulit (Ilustrasi)

ManadoToday – Kutil adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Kutil dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh. Mereka dapat tumbuh pada kulit, di bagian dalam mulut bahkan pada alat kelamin dan pada daerah dubur.

Kutil memiliki enam jenis, yaitu Kutil normal, Kutil Kaki atau Plantar, Kutil datar, Kutil kelamin, Kutil serviks dan Kutil laring.

Penyebab Kutil

– Kutil disebabkan oleh virus papillomavirus dan sangat menular
– Virus kutil akan bertahan di kulit jika kulit dirusak
– Kutil dapat menyebar dengan mudah jika dipencet, dipotong, digigit, atau bahkan hanya menyentuh. Kutil dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui handuk atau benda lainnya yang digunakan oleh orang yang memiliki kutil

Tanda & Gejala Kutil

– Kutil dapat ditemukan di tangan, kaki, lengan, dan wajah dan dalam berbagai ukuran mulai dari seperti kepala peniti sampai ukuran kacang
– Kutil juga muncul pada kotak suara atau laring dan menyebabkan suara serak. Ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit kecuali dalam kasus kutil kaki.
– Kutil dapat menyebabkan gatal-gatal dan perdarahan

Pengobatan Kutil

– Dalam sebagian besar kasus, kutil dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan
– Namun, Kutil yang terasa sakit dan menyebar dengan cepat membutuhkan pengobatan
– Memberikan gel, larutan atau plester asam salisilat. Untuk orang dewasa, cryotherapy (pembekuan) umumnya lebih disukai.

Baca Juga :

Leave a comment