“Otonomi Daerah Mampu Tumbuhkan Kemandirian Daerah”

Reporter : | 04 Mei, 2015 - 2:38 pm WITA

Otonomi daerah , Wakil Gubernur Sulawesi Utara , DR. Djouhari Kansil MPd, Sulawesi Utara ,

Wakil Gubernur Sulawesi Utara DR. Djouhari Kansil MPd

SULUT, (manadotoday.co.id) – Otonomi daerah (otda) bisa menjadi media untuk menumbuhkan kemandirian daerah. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, dalam memberikan sambutan pada peringatan Otda ke-XIX Tahun 2015 yang jatuh pada tanggal 25 April lalu, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Provinsi Sulut, Senin (4/5/2015).

“Otda merupakan media bagi daerah menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan dan tata kelola pemerintahan daerah yang aspiratif, transparan, dan akuntabel,” ujar Kansil.

Lanjutnya, melalui peringatan Otda ini, seluruh jajaran pemerintah daerah untuk bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan publik.

“Otda adalah hak wewenang dan kewajiban daerah otonom, guna mengatur sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat. Untuk itu, pemberian otonomi oleh pemerintah pusat ini ini harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran aktif seluruh pemangku kepentingan daerah,” terang Kansil.

Disisi lain, Dia katakan lagi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), banyak tantangan dan tuntutan yang akan dihadapi.

“Oleh karena itu, semangat kemandirian harus terus dikobarkan demi menghentar sulut menyambut kebangkitan baru sebagai salah satu pintu gerbang di kawasn asia pasifik,” tandas Kansil.

Diketahui, upacara tersebut diikuti jajaran pejabat di Lingkup Pemprov Sulut, dan para pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA dari sejumlah sekolah di Kota Manado. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment