Bitung Koleksi 7 Kelurahan Sadar Hukum

Reporter : | 03 Mei, 2015 - 9:44 pm WITA

BITUNG,(manadotoday.co.id)-Kota Bitung saat ini mengoleksi 7 kelurahan sadar hukum. Kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu, Kelurahan Sagerat Weru satu Kecamatan Matuari, Kelurahan Kadoodan Kecamatan Madidir, Kelurahan Pakadoodan Kecamatan Maesa, Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga, Kelurahan Pasir panjang Kecamatan Lembeh Selatan dan Kelurahan Batu Kota Kecamatan Lembeh Utara.

Kriteria penetapan kelurahan sadar hukum adalah Pajak Bumi Bangunan lunas 90 persen, tidak adanya perkawinan di bawah umur sesuai peraturan yang berlaku, angka kriminalitas rendah dan bebas dari narkoba.

Menurut Asisten I Pemerintah Kota Bitung, Fabian Kaloh SIP MSi ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Kota Bitung. Prestasi yang diraih, juga menandakan bahwa Kota Multi Dimensi ini terus maju dengan pesat. Angka kriminal litas menurun jauh.

Padahal, jika dilihat Kota Bitung banyak sekali dihuni oleh masyarakat dari berbagai suku. Tak hanya itu, Bitung juga merupakan Kota Pelabuhan, yang tak bisa dipungkiri bahwa kriminal akan berkembang.

Namun, dengan tingginya kesadaran hukum dan saling berdampingannya kehidupan masyarakat, sehingga semua persepsi miring untuk sebuah kota yang ramai bisa dihilangkan. “Kedepan prestasi ini harus dijaga bahkan harus ditingkatkan lagi, jika perlu kelurahan sadar hukum musti lebih dari tujuh untuk tahun mendatang,” pungkas Kaloh. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment