Ruas Jalan Pangu-Wongkay Nyaris Putus, Dua Desa di Ratahan Timur Terancam Terosilasi

Reporter : | 01 Mei, 2015 - 10:28 am WITA

Pangu-Wongkay, ratahan, mitra, minahasa tenggara,  Ir Moody Manoppo,RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Dua desa di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yakni Desa Wongkai dan Wiau, terancam terisolasi. Pasalnya, satu titik di ruas jalan yang menghubungkan dengan Desa Pangu dan Desa Wongkay amblas.

Pantauan manadotoday.co.id, ruas jalan Desa Pangu-Wongkai ini, yang merupakan jalan alternatif, jika ruas jalan Gunung Potong ditutup, nyaris putus akibat amblas akibat mengalami longsor. Praktis hanya bisa dilewati satu kendaraan roda empat. Tak hanya itu, ada beberapa titik juga sudah mulai amblas, namun belum begitu parah. Untuk menjaga agar tidak jatuh korban, pemerintah telah memasang police line.

“Ada enam sampai tujuh titik di ruas jalan tersebut yang mulai amblas, namun yang paling parah ada dua titik,” ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, Ir Moody Manoppo, Kamis (30/4/2015) kemarin.

Untuk penyelamatan jalur Pangu-Wongkai, pihak BPBD akan melakukan pelebaran, namun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Ratahan Timur dan pemerintah desa, untuk pembebasan lahan.

“Harus pemerintah setempat yang melakukan komunikasi dengan pemilik lahan. Dan memang untuk dana bantuan bencana yang diusulkan ke pusat ada dua jalur, yakni jalur Lobu-Ranoketang dan Pangu-Wongkai, sebesar tiga belas miliar rupiah,” ujar Manoppo namun baru jalur Lobu-Ranoketang yang sudah direalisasikan anggarannya sebesar Rp3,3 miliar.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment