Gubernur Sulut Dampingi Jokowi – JK di KTT ASEAN

Reporter : | 30 Apr, 2015 - 8:37 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), kembali mendapatkan kepercayaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

foto 1

Gubernur Sarundajang bersama Perdana Menteri Malaysia Nazib Razak

Kali ini, orang nomor satu Sulut itu dipanggil mendampingi Presiden Jokowi di pembukaan KTT ASEAN di Kualalumpur, Malaysia, Minggu (26/4/2015), kemudian dilanjutkan mendampingi Wapres JK pada pertemuan pembahasan kerjasama Regional BIMP-EAGA (Brunei Indonesia Malaysia Phillipina – East Asean Growth Area), Senin (27/4/2015) di Langkawi, Malaysia.

Peserta Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) termasuk Gubernur Sarundajang, diterima Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-26.

Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri Kepala-Kepala negara, para Menteri Luar Negeri dan Pejabat senior, membahas kerjasama subregional ASEAN seperti BIMP-EAGA, Brunei Indonesia Malaysia Phillipina – East Asean Growth Area, dan IMT-GT atau Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand.

Setelah Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), dilanjutkan pembahasan khusus kerjasama subregional yang dilakasanakan di Langkawi. Agenda utama pembahasan adalah kerja sama ekonomi yakni percepatan ekonomi di Provinsi-provinsi Negara anggota BIMP-EAGA.

foto 2

Gubernur Sarundajang bersama Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah

Isu-isu lain yang dibahas juga yakni isu politik dan stabilitas keamanan, karena akan berdampak pada persoalan-persoalan ekonomi di kawasan ASEAN. Selain itu, masalah konektivitas juga dibahas, Sea Linkage dan Air Linkage termasuk pengaktifkan kembali penerbangan Manado-Davao, Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung.

Hadir dalam pembahasan BIMP-EAGA Summit, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia Nazib Razak, Presiden Philiphina Benigno Aquino III, dan Wapres RI Jusuf Kalla.

Diketahui, pada KTT ASEAN ke-26 itu, Presiden Jokowi hadir dalam pembukaan KTT ASEAN di Kualalumpur, dan diteruskan Wapres JK khusus untuk pembahasan BIMP-EAGA di Langkawi.

Ikut mendampingi Wapres dalam pembahasan, Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Gubernur Sarundajang, dan Gubernur Kalbar. (advetorial)

Baca Juga :

Leave a comment