Kapal Maersk Alabama, Pertama Kali di Indonesia Berlabuh di Bitung

Reporter : | 30 Apr, 2015 - 6:58 pm WITA

Kapal Maersk Alabama, Pertama Kali di Indonesia Berlabuh di Bitung

Kapal Maersk Alabama

BITUNG, (manadotoday.­co.id) – Kapal Maersk Alabama yang berbendera Amerika Serikat pertama kali ke Indonesia berlabu di Pelabuhan Peti Kemas Bitung. Kapal ini merupakan kapal bersejarah, lantaran pernah dibajak oleh pembajak kapal laut dari Somalia. Hal ini dikatakan oleh General Manager Trade dan Marketing Muhammad Sofyan, Kamis (30/4/2015).

Sejarah kapal ini sudah pernah difilmkan dan mendapat penghargaan Piala Oscar, yang dikenal dengan Film Kapten Philips. Dan kedatangan kapal ini merupakan salah satu imbas dari perdagangan bebas. Selain itu, Pelabuhan Bitung berada di Bibir lautan Pasific yang merupakan jalur ramai perdagangan antar negara. “Pelabuhan Bitung juga sudah memenuhi syarat pelabuhan Internasional,” tandasnya.

Sementara itu, Kapten Kapal Maersk Alabama Kapten Richard mengatakan, Pelabuhan Samudera Bitung sangatlah berbeda dengan pelabuhan yang lain. Ini dikarenakan dikelilingi oleh pegunungan. Khususnya Pelabuhan Peti Kemas sudah merupakan standar internasional untuk fasilitasnya. Sehingga dalam melakukan bongkar-muat, hanya sekitar 24 jam.

“Dalam kapal ini ada 20 awak kapal, dan kebanyakan warga negara Amerika. Jika bukan warga negara Amerika, mereka harus memiliki ijin kerja di Amerika,” pungkas Kapten Ricard. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment