Walikota Tomohon Irup di Hari Otda ke-19

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Irup di Hari Otda ke-19

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (27/4/2015) menjadi Inspektr Upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-19 tahun 2015 di halaman kantor Walikota Tomohon.

Tema Hari Otda kali ini adalah ‘’Menghadirkan Pemerintahan Daerah yang Demokratis dan Melayani Masyarakat Dalam Mendorong Terbentukanya Daya Saing, Kreativitas dan Inovasi Dengan Mengandalkan Kekhasan Daerah Demi Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat’’.

Sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan walikota, mengajak segenap pemerintahan daerah merapatkan barisan dan menunjukkan kinerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Otonomi daerah adalah hak dalam mengatur dan mengurus daerah sendiri. Olehnya, wewenang yang diberikan hendaknya dipergunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,’’ kata Eman.

Di Indonesia saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten serta 93 kota. Jumlah yang besar ini tentunya dibutuhkan pengaturan yang bersifat generik untuk menjamin sinergitas perencanaan dan pembangunan secara nasional. Karakteristik daerah juga menjadi bahan pertimbangan sehingga ada yang dinamakan daerah istimewa. (ark)