Dinkes Minsel Akan Fungsikan Pustu dan Poskesdes

Reporter : | 27 Apr, 2015 - 9:24 pm WITA

 Pos Kesehatan Desa, Puskesmas, pustu, Minahasa Selatan,  Martje Pontoh, dinkes minsel

Plt Kadis Kesehatan Minsel Martje Pontoh

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Keluhan masyarakat perihal tidak difungsikannya sejumlah Pos Kesehatan Desa dan Puskesmas pembantu (Pustu), akhirnya di respon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

Melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel Martje Pontoh, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya memberikan perhatian terhadap pelayanan kesehatan, salah satunya yakni dengan memaksimalkan Pustu dan Poskesdes, sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat.

”Kita akan manfaatkan seluruh fasilitas kesehatan termasuk Pustu dan Poskesdes. Karena sayang juga jika bangunannya sudah ada hanya dibiarkan begitu saja,” kata Pontoh yang baru dilantik sebagai Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel, pekan lalu.

Belum difungsikannya, sejumlah Pustu dan Poskesdes, menurut Pontoh, karena Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel, kekurangan tenaga medis. Karena itu guna memaksimalkan sarana kesehatan itu, pihaknya nanti akan berkordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menambah tenaga kesehatan.

”Dan tentunya akan kami usulkan ke BKD agar tenaga kesehatan yang diangkat nanti, diprioritaskan kepada warga Minsel atau warga yang berdomisili atau menetap dimana Pustu atau Poskesdes dibangun. Karena jika diangkat dari warga luar daerah dikawatirkan tidak lama bertugas sudah berhenti,” tukas Pontoh sembari menambahkan bahwa dengan dimanfaatkannya seluruh sarana kesehatan pelayanan kesehatan akan maksimal dilakukan. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment