Peringati Hari Kartini, TP-PKK Kota Bitung Gelar Tes IVA

Reporter : | 22 Apr, 2015 - 11:20 am WITA

BITUNG, (manadotoday.­co.id) – Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2015, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Josephin Sondakh-Taroreh bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban-Rawung, Ketua DWP Kota Bitung Ny Telly Humiang Muhaling menghadiri Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Deteksi Kanker Leher Rahim (Serviks) dengan Tes IVA gratis yang merupakan program kerja oase kabinet kerja di kota Bitung.

Pelaksanaan Kegiatan ini bertempat di Puskesmas Aertembaga Kota Bitung, Selasa (21/4/2015).

Ny Josephin Sondakh-Taroreh menyampaikan kegiatan ini merupakan program kerja dari Ibu Negara RI Ibu Iriani Widodo yang dilaksanakan secara berjenjang dari pusat sampai ke daerah dan untuk tingkat provinsi oleh PKK dan dibantu Dinas Kesehatan serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Perempuan itu harus sehat dan berkualitas untuk itu harus memperhatikan kesehatan organ wanitanya, untuk itu TP-PKK Kota Bitung mensosialisasikan pentingnya gerakan cegah kanker dengan deteksi dini,” ujar Josephin Sondakh.

Deteksi Kankers Leher Rahim (servik) dengan metode IVA (Inpeksi Visual dengan asam asetat) merupakan cara sederhana mendeteksi kanker serviks sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatife dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Tujuan tes IVA untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

“Syarat mengikuti tes IVA di antaranya: sudah pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang datang bulan/haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual,” pungkasnya. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment