First Lady Mitra: Peran Perempuan Sangat Penting

Reporter : | 22 Apr, 2015 - 9:00 am WITA

Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Minahasa Tenggara

Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Minahasa Tenggara

RATAHAN, (manadotoday.co.id) –Raden Ajeng (RA) Kartini pahlawan pejuang emansipasi, menjadi inspirasi kaum perempuan Indonesia, dimana hasil perjuangannya kini telah dirasakan, yakni kesetaraan gender. Seperti halnya di Kabupaten Mitra, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Ny Jein Sumendap- Rende SE Ak mengatakan, di tangan wanita generasi penerus disiapkan.

Ini menjadi bukti, bahwa perempuan adalah penentu masa depan generasi penerus, karena melalui peran dan didikan seorang ibu, maka lahirlah generasi penerus bangsa.

“Kaum perempuan sudah bisa berdiri sejajar dengan kaum pria, itu berkat perjuangan RA Kartini. Namun kaum perempuan tidak bisa meninggalkan perannya sebaga ibu rumah tangga, karena di tangan ibu, disiapkan generasi penerus bangsa,” ujar First lady Kabupaten Mitra, dalam peringatan Hari Kartini ke-136, yang digelar di Kantor Bupati Mitra, Selasa (21/4/2015), sambil mengajak para kaum perempuan Mitra untuk menambah pengetahuan dan ketrampilannya.

Sementara Bupati Mitra James Sumendap SH dalam sambutanya mengatakan, emansipasi di Mitra sudah berjalan dengan baik, tidak ada lagi perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

“Di Sulut juga kita punya tokoh-tokoh wanita yang tangguh, antara lain Maria Walanda Maramis, kita harus bangga. Dan jangan lupa keberhasilan seorang pria karena ada peran wanita. Juga saya ingatkan Perempuan jangan cuma ngomong-ngomong sana sini alias Karlota, ” tegas Sumendap.

Diingatkannya lagi, PKK Mitra harus terdepan dalam pemberdayaan perempuan menjadi motivator. “Dan yang paling penting, harus dijaga dan diseriusi persoalan ekploitasi perempuan melalui traficking. Perlu diingat persoalan kesetaraan gender sudah selesai, perempuan sudah disejajarkan dengan pria,” tandas Sumendap, sambil mengajak kaum perempuan Mitra untuk merefleksikan perjuangan RA Kartini, dengan kegiatan-kegiatan yang berguna.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment