SAS Ajak Wanita Tomohon Jadi Kartini Masa Kini

Syerly Adelyn Sompotan (SAS)

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Meski Raden Ajeng Kartini sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam. Demikian dikatakan Syerly Adelyn Sompotan (SAS) dalam memotivasi kaum perempuan di Kota Tomohon dalam mengenang Hari Kartini tepatnya 21 April besok.

“Raden Ajeng Kartini merupakan pelopor Wanita Indonesia. Bersyukurlah kita wanita Indonesia yang telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum wanita sehingga derajat kaum wanita terangkat. Untuk itu kita yang ada saat ini mari menjadi kartini-kartini masa kini,” ungkap wanita berdarah Kakaskasen-Kayawu Tomohon ini.

Kepeloporan Raden Ajeng Kartini lanjutnya, wajib ditiru dan diamalkan. Karena, wanita Indonesia telah memperoleh hak-hak sebagai wanita, sesuai dengan hak kaum laki-laki sebagai umat Tuhan yang tidak dibeda-bedakan. Namun sebagai wanita pun tak boleh semena-mena.

“Kita telah memperoleh kebebasan untuk berkarya tetapi kita tidak boleh meninggalkan sifat-sifat kodrat sebagai wanita. Apalagi sebagai wanita yang dibesarkan dalam tata cara adat ketimuran dimana wanita adalah lambang keluwesan, kelembutan, keindahan dan penuh kasih saying,” ungkap SAS yang menyatakan Siap mewakili kartini-kartini masa kini di ajang Pilwako Tomohon.

Ditambahkan, masih banyak wanita Indonesia dan mungkin yang ada di Sulut dan Kota Tomohon khususnya yang perlu diperjuangkan nasibnya. “Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita. Oleh sebab perlu ada partisipasi terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud,” tukas SAS. (ark)