KPU Sulut Launching Tahapan Pelaksanaan Pilkada

Reporter : | 17 Apr, 2015 - 9:47 pm WITA

Komisi Pemilihan Umum, pilkada, pilkada sulut, Yessy Y Momongan STh MSi,

Launching tahapan Pilkada Sulut yang ditandai pelepasan balon gas ke udara oleh Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil dan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung, di halaman KPU Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melanching tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wagub Provinsi Sulut, Jumat (17/4/2015).

Launching tahapan program dan penyelenggaran Pilkada ini, ditandai dengan pelepasan balon gas ke udara oleh Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, dan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung SH, di halaman Kantor KPU Sulut.

Dalam sambutannya, Kansil mengatakan faktor utama sukses tidaknya penyelenggaraan Pilkada, adalah sangat ditentukan oleh dewan kehormatan penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu.

“Sebagai pelaksana dan wasit dari Pilkada, maka personifikasi anggota dan pimpinan lembaga penyelenggara haruslah independen dan tidak berasal dari parpol manapun,” ujar Kansil.

Lanjutnya, hal penting yang perlu diperhatikan lagi, adalah penjadwalan maupun persiapan atau penyempurnaan atas berbagai regulasi terkait, termasuk anggaran pemilu.

“Sebab memahami perspektif hal tersebut, maka menjadi harapan kiranya dengan dilaksanakaqn lounching ini akan terbentuk dan terimplementasi konsep, pola, dan aktualisasi penyelenggaraan Pilkada yang ideal dan benar-enar baik, efektif, efisien serta menjawab harapan kita semua,” ujar Kansil.

Sedangkan Ketua KPU Sulut Yessy Y Momongan STh MSi, lounching ini berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Sulut No.2/Kpts/KPU-Prov-013/Pilgub/2015 tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernu/Wagub Tahun 2015 tanggal 17 April 2015.

“Maka mulai hari ini, tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur/Wagub sudah dimulai,” ujar Momongan.

Ditambahkan dia, untuk pendaftaran Caleg Gubernur dan Wagub tanggal 26 Juli sampai dengan d28 Juli 2015. Sedangkan pemunggutan suara dilaksanakan Rabu 9 Desember 2015.

Sekretaris KPU Sulut Yona Oroh SH menambahkan, tahapan pemilihan Gubernur/Wagub dilaksanakan melalui 13 tahapan yang dimulai dari perencanaan program dan anggaran serta evaluasi dan pelaporan.

Diketahui, turut hadir dalam pelaksanaan launching tahapan Pilkada tersebut, Sekdaprov Sulut Ir. S. R. Mokodongan, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Jhon Palandung MSi, dan anggota KPU Provinsi serta Kabupaten/Kota se- Sulut. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment