Misteri Kanibal Neanderthal yang Memakan Anak Mereka Sendiri

Reporter : | 16 Apr, 2015 - 1:28 pm WITA

Neanderthal, kanibal, manusia purba

Dua tanda potongan besar yang menunjukkan orang dewasa mencoba untuk memotong tulang paha anak yang mati dengan batu untuk memisahkannya dari sendi (foto: mirror.co.uk)

BORDEAUX, (manadotoday.co.id) – Neanderthal yang adalah anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen dicurigai mungkin telah memakan anak-anak mereka sendiri maupun orang dewasa lainnya, para peneliti mengatakan.

Para ahli dari Universitas Bordeaux menganalisa sisa-sisa anak berusia antara sembilan sampai 10  tahun dan menemukan tanda-tanda tubuh mereka telah dimanipulasi setelah kematian.

Profesor María Dolores Garrald mengidentifikasi dua tanda potongan besar yang menunjukkan orang dewasa mencoba untuk memotong tulang paha anak yang mati dengan batu untuk memisahkannya dari sendi.

Ini bisa dikatakan bahwa nenek moyang kita memakan anak mereka sendiri, meskipun dia mengaku tidak mungkin untuk mengetahuinya dengan pasti.

“Mereka (anak-anak) mungkin telah digunakan untuk tujuan ritual, bahkan di abad 21 ini hal-hal tersebut masih terus dilakukan di bagian-bagian tertentu di dunia,” katanya dikutip dari mirror.co.uk Kamis (16/04/2015).

Mayat yang dipakai untuk penelitian telah berusia sekitar 57.600 tahun yang digali dari situs Marrliac di Prancis antara tahun 1967 dan 1980.

Profesor Garralda menambahkan: “Beberapa kelompok Neanderthal memotong dan mencabik-cabik mayat anak-anak atau orang dewasa tak lama setelah mereka.”

Para ahli belum bisa menemukan bukti tegas yang menunjukkan apakah Neanderthal “memakan daging manusia” meskipun diketahui hal tersebut terjadi “dilain populasi yang jauh lebih modern”, Profesor Garrald menambahkan.

Baca Juga :

Leave a comment