Warga Berharap Ada Perguruan Tinggi di Minsel

Reporter : | 08 Apr, 2015 - 10:50 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sejumlah warga berharap perlu adanya perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terhadap sector pendidikan. Salah satunya yakni dengan menghadirkan atau memperjuangkan Perguruan Tinggi (PT), sebagai sarana perkuliahan setelah selesai mengikuti pendidikan di tingkat SMA dan sederajatnya.

“Di Minsel belum ada Perguruan Tinggi. Ini perlu dilihat dan dipandang penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas di Minsel ,” kata Steven Tuwondila salah satu generasi muda Minahasa Selatan.

Disisi lain, efek domino kehadiran PT di Minsel secara otomatis akan membantu mendongkrak perekonomian warga. Dimana dengan adanya PT, tentu akan ada rumah kos, mini market, tempat kuliner dan tempat usaha lainnya, yang bertalian dengan keberadaan PT tersebut.

“Apalagi posisi Kabupaten Minsel dengan 14 Kecamatan, yang strategis tepat berada di jalur trans Sulawesi dan diapit oleh beberapa kabupaten yang belum memiliki PT, sangat memungkinkan untuk hadirnya PT di Minsel,” ujar Tuwondila.

Hal positif lainnya, adanya PT pastinya akan sangat membantu warga Minsel yang kurang mampu untuk melanjutkan studi. Dimana jika ada warga yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, namun terkendala ekonomi karena jarak ke tempat PT saat ini seperti di Manado, Tondano, Tomohon dan Minut, belum lagi tempat kos dan biaya hidup yang kian mahal, dengan adanya PT di Minsel, tentu hal ini akan sangat meringankan.

“Karena itu saya berharap Pemkab Minsel akan merespon dengan baik, yakni berupaya memperjuangkan kehadiran PT di Kabupaten Minsel,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment