Di Hongkong, Batu Akik Dikategorikan Batu Mulia

Reporter : | 05 Apr, 2015 - 6:22 pm WITA

Media Trip Hong Kong-Shenzhen 2015 Wartawan Pemprov Sulut

HONGKONG, (manadotoday.co.id) – Demam batu akik yang terjadi di sebagian masyarakat Indonesia khususnya di Kota Manado, ternyata masih ketinggalan dengan yang terjadi di Hong Kong termasuk di wilayah Kowloon.

Batu akik di Hong Kong, masuk kategori batu mulia atau setara dengan berlian dan mutiara. Walaupun harga batu akik di Hong Kong tak semahal batu mutiara, namun selalu disandingkan dengan berlian dan mutiara di toko-toko perhiasan mewah.

“Batu akik sudah diakui masyarakat Hong Kong sejak puluhan tahun lalu. Rata-rata warga disini, suka dengan batu akik. Batu akik masih lebih tinggi kedudukannya dibandingkan dengan batu giok yang merupakan ciri khas Cina,” ujar Tony Lam, pemandu wisata Media Trip Sulut 2015.

Seperti halnya juga di Manado, batu akik di Hong Kong memiliki jenis yang bermacam-macam. Seperti batu Amazonite, Red Jasper, Rose Quartz, Tiger Eye, Aventurine, Cristal, Natural Agate, Smoky Quartz, Carnelian, Brazilian Sodalite, dan batu Snowflake Obsidian.

Harganya berbeda-beda tergantung jenis dan ukurannya. Setiap batu akik tersebut dihargai antara 30 sampai 200 dolar Hong Kong (sekitar 120.000 sampai dengan 350.000 untuk ukuran standart medium).

“Harga ini masih sangat terjangkau, malah murah bagi penggemar batu akik di Manado, yang kadang kala mencapai jutaan rupiah,” ujar beberapa rekan rombongan Media Trip. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment