Pra Paskah GMIM Wilmatim, Kansil: Pengorbanan Yesus Harus jadi Teladan Manusia

Reporter : | 05 Apr, 2015 - 5:18 pm WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Jemaat GMIM di Wilayah Manado Timur (Wilmatim) Dua, menggelar ibadah Pra Paskah yang di pusatkan di Jemaat GMIM Sion Ranomuut, Sabtu kemarin.

Ibadah yang dihadiri ratusan jemaat tersebut, dipimpin Pnt. DR. Djouhari Kansil MPd, yang kesehariannya sebagai Wakil Gubernur Sulut.

Ibadah berlangsung khusuk, dengan diawali prosesi penyaliban Yesus di kayu salib yang diperankan Jemrif Alva Ombong SE selaku Pnt Remaja Jemaat GMIM Petra Ranomuut.

Dalam khotbah yang diambil dari pembacaan Alkitab Yesaya 53:1-8, Kansil mengajak jemaat meneladani sikap keteladanan dari Yesus Kristus, yang rela menderita, sengsara dan mati diatas kayu salib di bukit golgota, demi untuk menebus dosa umat manusia.

“Peristiwa kematian Yesus Kristus di bukit golgota, justeru tersimpan sebuah peristiwa agung dan akbar yaitu kemenangan. Karena itu, dalam konteks beriman menderita, sengsara, dan kematian, merupakan sebuah realita yang memiliki arti yang sangat dalam dan makna yang sangat luas karena ujungnya bernilai dan berharga,” jelas Kansil yang juga Ketua P/KB Jemaat GMIM Pniel Tuna Wawonasa.

“Lewat jalan Via Dolorosa ini, menjadi pintu masuk untuk menemukan kemenangan hidup,” lanjutnya.

Kansil pun berharap, warga gereja jangan sampai terkotak-kotak hanya karena kepentingan pribadi atau kelompok. Sebab, belajar dari para murid Yesus (tipe 12 murid) ada yang cari muka, cari kedudukan serta menghalalkan segala cara, dan itu harus kita hindari, agar kita semua bisa menjadi gereja-gereja yang missioner.

Sementara Ketua BPMJ Sion Ranomuut Pdt Ventje Mongdong STh yang merupakan suami tercinta dari Kepala Biro Umum Setda Provinsi Sulut Dra Femmy M Suluh MSi, mengatakan ibadah pra paskah telah diawali dengan jalan salib bersama yang diikuti lima jemaat yang tergabung dalam Wilmatim Dua yakni Jemaat Zaitun Liwas, Syalom Dendengan Dalam (Dendal), Yarden Dendal, Petra Ranomuut serta Jemaat Sion Ranomuut sebagai tuan rumah.

Ketua Wilmatim Dua Pdt Yanny Lompoliu STh memberikan apresiasi kepada jemaat Sion yang telah membuat kegiatan ini, karena baru yang pertma kali dilaksanakan, apa lagi dalam ibadah tersebut telah dilakukan prosesi penyaliban Yesus, peristiwa ini sama seperti yang dialami Yesus di Israel.

Hadir dalam ibadah itu, Anggota DPRD Sulut James Karinda SH, Karo Hukum Marsel Sendouw SH, dan Dirut RSJ Ratumbuisang dr Jemmy Lampus yang merupakan Pelsus di wilayah itu, Kadis ESDM Ir. Marly Gumalag, dan Staf Ahli Gubernur Drs Maxi Lukas. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment