RSJ Ratumbuysang Menuju RSUD dengan Konsep Mall

Reporter : | 03 Apr, 2015 - 4:45 pm WITA

Manado, (manadotoday.co.id) – Beberapa tahun terakhir ini, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr VL Ratumbuysang terus melakukan pengembangan. Bukan hanya pembenahan managemen, fasilitas medis pun terus ditingkatkan RSJ yang direncanakan akan berubah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) itu.

RSJ Ratumbuysang, RSUD Manado, Rumah Sakit Konsep Mall, Jemmy Lampus

dr Jemmy JR Lampus

Menurut Direktur RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang, dr Jemmy JR Lampus, saat ini sementara dibangun sebuah gedung inti baru dari Rumah Sakit yang didirikan sekitar tahun 1934 ini.

Gedung baru dengan konsep Mall ini, nantinya akan menunjang penuh operasional Rumah Sakit yang direncanakan akan berubah tipe menjadi Rumah Sakit Umum Daerah dengan spesialisasi Pelayanan kesehatan jiwa itu.

Lanjut Lampus, manajemen RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang nantinya akan mengajukan revisi Perda No.4 Tahun 2008  untuk mewujudkan Rumah Sakit Umum Daerah tahun ini. Seperti diketahui, dalam Perda No.4 Tahun 2008, nomenklatur kelembagaan Badan Pengelola Rumah Sakit Khusus Daerah Kelas A Provinsi Sulawesi Utara ( RS.Prof.Dr.Ratumbuysang ) telah berubah nama menjadi Rumah Sakit Khusus Daerah Kelas A Provinsi Sulawesi Utara.

“Saat ini, Rumah Sakit ini sudah melayani pasien umum, khususnya BPJS rawat jalan. Juga karena keperluan di Manado tidak ada Rumah Sakit Umum Daerah, kita akan ajukan revisi Perda untuk menjadi Rumah Sakit Umum dengan Pelayanan kesehatan Jiwa,” katanya.

Menurut Lampus, dana sebesar Rp 250 Milliar dibutuhkan untuk mewujudkan rumah sakit umum ini. “Untuk mewujudkan rumah sakit umum Rp 250 Miliar. Untuk bangunan 100 Milliar,” katanya seraya menguraikan, untuk tahun lalu pembangunan gedung baru sudah menyerap dana sebesar Rp 4.6 Milliar, sedangkan untuk tahun ini, lewat APBD disiapkan dana sebesar Rp 20 Milliar.(herm)

Baca Juga :

Leave a comment