Temui Gertrude Weaver, Calon Manusia Tertua di Dunia yang Baru

Reporter : | 02 Apr, 2015 - 5:09 pm WITA

Gertrude Weaver, Manusia Tertua,  Misao Okawa ,

Gertrude Weaver (foto: today.com)

ARKANSAS, (manadotoday.co.id) – Seorang wanita dari Arkansas tidak lama lagi akan resmi menjadi manusia tertua di dunia setelah Misao Okawa berumur 117 tahun asal Jepang yang sebelumnya memegang rekor telah meninggal dunia belum lama ini.

Gertrude Weaver yang akan menginjak usia 117 tahun pada 4 Juli nanti, berharap presiden AS Barack Obama dapat hadir saat pesta ulang tahunnya.

Sedangkan Guinness Book of World Records yang nantinya akan meresmikan Weaver masih harus membuat keputusan terakhir, kata Robert Moore, direktur program supercentenarians yang berbasis di Los Angeles.

“Ketika orang meninggal, sering ada proses aplikasi … tetapi mereka mungkin tidak akan menunggu proses yang akan memberinya nama sebagai orang tertua di dunia,” katanya. “Hanya lima orang yang pernah didokumentasikan mencapai usia 117, dan pada saat ini Gertrude Weaver adalah tujuh tertua orang yang diverifikasi sepanjang masa.” tambahnya dikutip dari abcnews.go.com.

Weaver adalah seorang ibu rumah tangga dan memiliki orang empat anak, dia telah mengalami banyak peristiwa selama 116 tahun, kata salah satu staff di Pusat Kesehatan dan Rehabilitasi Silver Oaks Kathy Langley. Tapi dia masih memiliki satu mimpi yang dia ingin wujudkan.

“Dia benar-benar ingin bertemu presiden. Dia telah memilih Obama sebanyak dua saat pemilihan presiden dan itu adalah mimpinya,” kata Langley. “Kami telah mengirim undangan untuk Presiden saat pesta ulang tahunnya tahun lalu, dan kami akan mengirim undangan lagi tahun ini.”

Langley mengatakan tidak ada catatan kelahiran untuk Weaver dan kemungkinan keluarganya memilih untuk merayakan ulang tahunnya pada tanggal 4 Juli. Weaver dibesarkan di sebuah komunitas kecil dan telah tinggal di Arkansas selama hampir sepanjang hidupnya. Kelompok Riset Gerontologi menggunakan catatan sensus tahun 1900, dimana Weaver terdaftar disitu saat berusia 2 tahun, dan surat nikah tahun 1915 yang mencatat usianya saat itu 17 tahun untuk menentukan dia adalah orang Amerika tertua yang masih hidup.

Baca Juga :

Leave a comment