Korengkeng: Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama Harus Terus Dikembangkan

Reporter : | 01 Apr, 2015 - 10:47 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi membuka Sosialisasi Peningkatan Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama di Minahasa ,Rabu (1/4) di Aula SMKN 1 Tondano.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dandim 1302 Letkol Kav Teguh Herry Susanto, Kapolres AKBP Ronald Rumondor SIK MSi, Kajari Tondano Risman Tarihoran SH, Kakan Kemenag Minahasa Sonya Mongkau SE, Ketua FKUB Pdt Evert Tangel STh MPdK yang juga sebagai Nara Sumber kegiatan ini.

Acara ini diawali dengan Laporan Kaban Kesbangpol Linmas Drs Jorry Gumansing dan diikuti para Camat, Lurah, Hukum Tua, pimpinan denominasi Gereja, pemuka agama Islam, Budha dan Hindu se-Tondano raya.

Dalam sambutan Bupati Minahasa melalui Sekdakab Jeffry Korengkeng memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menciptakan kehidupan beragama yang sejahtera, damai, aman dan rukun.

Dikatakannya bahwa kerukunan dan toleransi merupakan tanggung jawab bersama dari semua golongan dan ajaran agama secara terus menerus dan meletakan landasan spiritual, moral dan etika bagi pembangunan nasional. Pancasila menghimbau kepada masyarakat termasuk orang tua dalam mengawasi anak-anaknya untuk menanamkan disiplin yang kuat sehingga anak-anak kita terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum.

Diharapkan Bupati agar umat beragama tetap menjaga kebersamaan dan persaudaraan serta menjaga keutuhan dalam perbedaan agama dan keyakinan yang kita miliki.

Seiring dengan berkembangnya faham ISIS yang radikal dengan ajaran mengatasnamakan agama dan pendekatan pemaksaan kehendak dan melakukan kekerasan hingga pembunuhan orang-orang tidak berdosa, Bupati mengharapkan semua pihak untuk tidak terhasut dan tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan upaya pencegahan akan keberadaan paham ini. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment