“Menelusuri Kawasan Wisata di Tengah Padatnya Hongkong”

Reporter : | 30 Mar, 2015 - 11:49 am WITA

Media Trip Bersama Pemprov Sulut ke HONGKONG-SHENZHEN

Tonny Sumakul, Hongkong

Wartawan Manado Today, Tonny Sumakul, ketika mengikuti media trip Hong Kong – Zhenshen.(foto: Tonny/manadotoday)

HONGKONG, (manadotoday.co.id) – Setelah menempuh perjalanan udara dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan GA875 selama 5 jam dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, rombongan Media Trip Hongkong-Shenzhen 2015 tiba di Bandar Udara Internasional Hongkong pukul 06.00 waktu setempat, Minggu (29/3) kemarin.

Tidak ada perbedaan waktu antara Manado (Wita) dengan Hongkong. Usai sarapan di salah satu rumah makan foodcord bandara Hongkong, rombongan Media Trip langsung diantar oleh pemandu wisata bernama Mr Tonny Lam ke kawasan wisata tepi pantai dengan berlatar belakang pemandangan kawasan industri Hongkong, Avenue of Stars, Victoria Harbour Water Front di wilayah Tsim Sha Tsui.

Lokasi objek wisata ini, terdapat sejumlah patung dan cetakan semen telapak tangan para bintang film atau artis top Hongkong. Seperti Bruce Lee, Jet Lee, Jacky Chan dan banyak lagi.

Rombongan Media Trip yang kebanyakan adalah wartawan pos liputan Pemprov Sulut tak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto-foto di kawasan tersebut. Di lokasi tersebut juga, diramaikan dengan rombongan wisatawan-wisatawan lokal maupun internasional.

“Kelihatannya tempat ini sederhana. Namun karena letak yang sangat strategis di tengah kota Hongkong, dan penataan yang sangat baik, pantas saja objek wisata ini sangat disukai para wisatawan dan turis yang datang ke sini,” ujar Budi Rarumangkay, salah satu anggota Media Trip.

Setelah menikmati indahnya pemandangan dari kawasan pantai tersebut, rombongan melanjutkan perjalanan ke objek wisata Victoria Peak. Dimana, kawasan ini, para pengunjung ditempat ini bisa mendapat satu gambar yang merangkum kawasan Hong Kong seutuhnya. Sebab, lokasi objek wisata yang berada di ketinggian 500-an meter di atas Kota Hong Kong, menjadikan panorama dari Victoria Peak dengan melihat ke bawah di kota dari sudut pandang Hong Kong yang terkenal dengan gedung-gedung tinggi.

Untuk mencapai lokasi tersebut, rombongan diajak untuk menggunakan transportasi trem kuno yang telah ada sejak tahun 1800-an yang dibangun oleh pemerintah Inggris waktu itu. Jalur trem ini pun menempuh tanjakan dengan kemiringan 40 derajat. Di puncak lokasi Victoria Peak ini, dipadati oleh restoran-restoran berkelas dan mewah.

Usai menghabiskan waktu selama kurang lebih 2 jam di lokasi tersebut, rombongan Media Trip ini diajak untuk menelusuri wisata belanja di kawasan Ladies Market, yang berada di daerah Kowloon. Kawasan ini merupakan pusat perbelanjaan barang, pakaian dan cendramata khas kota Hong Kong, dengan areal sangat besar.

Para pedagang pun sangat berani menjual barangnya dengan harga yang sangat miring, tentu dengan adanya proses tawar menawar dengan pembeli. Para anggota Media Trip pun tak mau melewatkan kesempatan ini untuk berbelanja berbagai oleh-oleh untuk keluarga dan kenalan yang ada di Manado.

Hari sudah sore ketika rombongan meninggalkan lokasi wisata belanja tersebut. Rombongan langsung diantar menunju Penta Hotel Hongkong, untuk beristirahat. Sebab, perjalanan akan dilanjutkan Senin (30/3) hari ini ke Kota Shenzhen, untuk melihat dari dekat kota yang telah menerapkan Kawasan Ekonomi Khusus selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment