Palandung: Koordinasi Pengelolah Sumber Daya Mineral di Sulut Harus Ditingkatkan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Drs, John H. Palandung M.Si, mengatakan supaya koordinasi dan sinegritas pengelola sumber daya mineral di Sulut harus terus ditingkatkan,

“Baik pengelolah di tingkat provinsi maupun di kabupaten dan kota, harus terus berkoordinasi. Sebab, potensi sumber daya mineral ini, memiliki peranan yang sangat penting dan strategis serta memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional dan daerah dalam usaha mencapai kemakmuran rakyat,” ujar Palandung pada rapat koordinasi pelaksana tugas bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut, yang dilaksanakan ESDM Pemprov Sulut.

Kata dia, dalam koordinasi tersebut, pelaksana tugas ESDM harus saling memberikan pemahaman komprehensif pelaksanaan tugas ESDM.

“Supaya sumber daya mineral di sulut bisa dikelolah dengan baik berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Disisi lain, Palandung menyatakan ketersediaan sumber daya mineral sifatnya terbatas dan tak terbarukan. Oleh karena itu, pengelolaan dan pemanfaatannya harus disadari prinsip konservasi dan optimalisasi.

“Yaitu mengelolah sumber daya mineral secara efisien, hemat, dan berkelanjutan serta menghindari konflik kepentingan, terutama dengan masyarakat sekitar,” tukasnya. (ton)

Add Comment