Pemprov Sulut Pertegas Pelestarian Lingkungan Hidup

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, menyatakan pihaknya mempertegas pelestarian lingkungan hidup terkait dengan akses penduduk terhadap layanan sanitasi yang layak.

“Setiap Kabupaten kota diharapkan penyusunan momerandum program sanitasi dan melaksanakan penyusunan dokumen perencanaan sanitasi. Pemprov sendiri, akan mengawal pengelolaan pembangunan sanitasi disetiap daerah kabupaten kota di Sulut,” ujar Mokodongan.

Kata dia, keberhasilan kabupaten kota dalam penyusunan strategi perencaan pembangunan sanitasi, tak lepas dari peran pendampingan yang terus dilakukan Pemprov Sulut.

“Tahun ini kami berharap, pelaksanan program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman,red) di kabupaten kota, dapat berjalan dengan baik,” tukas Mokodongan.

Ditambahkan mantan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sulut ini, diharapkan lagi perlu ada penyamaan persepsi dari seluruh Kabupaten/Kota di Sulut, tentang pengolaan PPSP termasuk peran dan fungsi masing-masing pelaku utama pokja sanitas.

“Koordinasi, komunikasi, sinkronisasi, dan advokasi, penting juga untuk peningkatan kapasitas kelembagaan pokja sanitasi di Sulut,” ingatnya. (ton)

Add Comment