Wakil Walikota Bitung Buka Sosialisasi Penerapan LCMT

Reporter : | 20 Mar, 2015 - 4:13 pm WITA

bitung

Lomban ketika membuka sosialisasi penerapan LCMT

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Wakil Walikota Bitung MJ Lomban SE MSi membuka Sosialisasi penerapan Low Carbon Middle Town (LCMT) phase 5 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dilaksanakan Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Republik Indonesia.

Sosialisasi ini diawali dengan laporan Direktur Konservasi Energi Kementerian Esdm RI Ir. Maritje Hutapea bersama Tim mengenai kebijakan energi dan emisi CO2 dan kota rendah karbon (low carbon town LCT) serta Apec Low Carbon Model Town (LCMT) yang merupakan Penerapan teknologi rendah karbon pada perencanaan kota untuk mendorong efisiensi energi dan penurunan penggunaan energi fosil sangat penting dalam mengendalikan konsumsi energi di perkotaan dalam suatu kawasan.

Dalam sambutannya, Lomban menjelaskan untuk area KEK sebagai lokasi LCMT, saat ini sedang dibuatkan perencanaan umum (general
planing) oleh tim dari BUMN pemerintah Tiongkok (China) dalam rangka rencana mereka untuk berinvestasi di sana. Disamping itu, untuk mendukung pelaksanaan program tersebut Pemkot dalam rangka menuju kota yang rendah karbon telah juga melakukan beberapa rapat koordinasi antar SKPD terkait untuk membahas program-program yang mendukung kegiatan dimaksud.

“Dalam perencanaan regulasi bahwa setiap perusahan yang ada di kota Bitung wajib menyediakan ruang terbuka hijau seluas 30 persen dari luas area perusahaan. Surat keputusan walikota bitung nomor 188.45/hkm/sk/9/­2013 tentang penerapan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) di Kota Bitung dan perencanaan
regulasi yang membatasi umur kendaraan yang beroperasi di kawasan ekonomi khusus bitung maksimal 5 tahun,” pungkas Lomban. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.