Bupati Minahasa: Dua Tahun Sudah Banyak Alami Banyak Kemajuan

Reporter : | 17 Mar, 2015 - 11:49 pm WITA

Dua Tahun Pemerintahan JWS-IVANSA

Bupati Minahasa, minahasa,  JWS-IVANSA, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Hari ini Rabu 17 Maret 2015 merupakan momen yang sangat penting bagi pemerintahan JWS-IVANSA. Sebab hari ini genap 2 tahun pemerintahan JWS-IVANSA.

Bupati Minahasa, minahasa,  JWS-IVANSA,

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow

Diungkapkan Bupati, pada tahun 2014 telah dikembangkan pula jalan-jalan Kabupaten yang tersebar di wilayah Kabupaten Minahasa yang akan dilanjutkan pada Tahun Anggaran 2015 ini.

Menurut JWS, Minahasa patut bersyukur karena pengembangan infrastruktur di daerah ini, memperoleh dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui berbagai program pembangunan serta dukungan dana dari Pemerintah Pusat.

Dimana pada tahun 2015 ini Minahasa memperoleh tambahan anggaran sebesar Rp 70 Milyar, yang terdiri dari 50 Milyar untuk pembangunan jalan dan jembatan, 10 Milyar untuk sektor kesehatan, 5 Milyar untuk irigasi, dan 5 Milyar untuk pembangunan pasar.

Di tahun 2014 pula telah dibangun Taman “Cita Waya” di Kota Langowan sebagai salah satu strategi dalam mempercantik Kota Langowan, sekaligus juga merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Minahasa untuk mendukung terbentuknya Kota Langowan sebagai Daerah Otonom Baru.

Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang

Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang

Di sisi lain, Lanjutnya, dalam konteks pembangunan Desa, maka tahun 2015 akan menjadi awal percepatan pembangunan Desa dengan alokasi anggaran yang berasal dari APBN dan APBD tahun 2015 ini. Juga di tahun 2014, telah di bangun 5 (lima) Puskesmas di 5 Kecamatan, pembangunan RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano tahap pertama dan telah diadakan sebanyak 9 unit Kendaraan Ambulance serta penugasan Dokter PTT Daerah yang akan menopang operasionalisasi Puskesmas di Minahasa ini, serta program strategis lainnya yang didorong meliputi pengembangan pendidikan masyarakat yang memegang peranan penting bagi kemajuan daerah dan bangsa.

Diakui Bupati, memang disadari pada Triwulan pertama tahun 2015 ini belum adanya gerakan perubahan di Kota Tondano, karena masih dalam proses pelelangan untuk paket-paket kegiatan yang akan dilaksanakan di Ibukota Minahasa ini serta wilayah lainnya di Kabupaten.

Namun 2015 ini akan dipacu perbaikan dan peningkatan jalan di seputaran kota Tondano dan akan dibangun pusat budaya dan sejarah sekaligus tempat wisata kuliner bagi masyarakat yaitu di Benteng Moraya, yang nantinya akan dilengkapi dengan panggung teater yang siap menampilkan atraksi Budaya Minahasa, dan akan dilengkapi pula dengan Kanal di seputaran Danau Tondano yang dapat menjadi wahana bagi masyarakat untuk menikmati keindahan Danau Tondano.

Sekdakab Minahasa, Jeffry Korengkeng

Sekdakab Minahasa, Jeffry Korengkeng

“Memang ini semua membutuhkan dana yang cukup besar, tetapi selaku Bupati dan Wakil Bupati sudah berkomitmen untuk merubah wajah Kabupaten Minahasa ini selama masa kepemimpinan kami. Disamping itu, dalam APBD Minahasa 2015 telah di alokasi anggaran untuk pembebasan lahan guna pembangunan Terminal Tipe A yang akan melayani jalur penumpang barang dan jasa antar Kabupaten bahkan antar Provinsi,” kata JWS.

“Kami sangat sadar, bahwa usia 2 tahun masih terlalu singkat bagi kami untuk merubah daerah ini menjadi lebih baik. Tetapi kami sangat optimis bahwa dalam kurun waktu 2 tahun menahkodai Kabupaten Minahasa ini, merupakan tonggak sejarah dan Jembatan Emas untuk meletakkan dasar yang kokoh dalam perjuangan kami untuk merintis jalan bagi terbangunnya pelayanan publik serta tumbuhnya benih-benih demokrasi di tanah tercinta ini. Kita semua berupaya melakukan tugas, kerja dan pengabdian bagi tanah leluhur dan bersyukur di beri ketegaran dan kesabaran menghadapi berbagai tantangan dan ujian yang menghadang” kata Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini.

Dalam ibadah syukur yang ditandai dengan pemasangan Lilin HUT ke-2 ini, diisi pula dengan puji-pujian oleh jajaran Pemkab Minahasa, TP PKK dan DWP Minahasa, para hamba Tuhan serta Paduan Suara Minahasa Regency Choir, dan diakhiri dengan pemberian bantuan diakonia dan door prize kepada penerimanya. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment